Jelang FORNAS ke-5 Samarinda

FORNAS Tingkatkan Partisipasi Publik Untuk Berolahraga

Hermansyah
FORNAS Tingkatkan Partisipasi Publik Untuk Berolahraga
Penandatanganan MoU Kemenpora-FORMI terkait kegiatan FORNAS ke-5 di Samarinda, Kalimantan Timur

Jakarta, HanTer - Jakarta Deputi III Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta melakukan MoU dengan Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI), pada Selasa (28/5/2019), terkait pelaksanaan Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) ke-5 tahun 2019 yang akan berlangsung di Samarinda, Kalimantan Timur pada 15-18 November mendatang.

Sebanyak 37 induk cabang olahraga rekreasi masyarakat termasuk Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI), Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) hingga Indonesia e-Sports Association (IeSPA) turut meramaikan festival ini.

Kebijakan pamerintah dalam konteks olahraga reksreasi dan masyarakat menurut Raden Isnanta adalah bagaimana olahraga ini benar-benar menjadi primadona masyarakat. "Masyarakat menjadi cinta terhadap olahraga dan jangan membayangkan jika olahraga itu selalu prestasi, namun bertujuan untuk hidup aktif, sehat, bugar, sehingga melalui ajang Fornas ini menjadi momentum untuk berpestanya para penggiat olahraga, pesta olahraga masyarakat," ucap Raden Isnanta, Selasa (28/5/2019).

Lebih lanjut pria yang akrab disapa Pa Is itu mengatakan, konsep acara mampu dikemas semenarik mungkin sehingga para masyarakat dapat menikmati festival tersebut bahkan lebih tertarik lagi untuk berolahraga pasca perhelatan tersebut.

"Dengan konsep yang happy dan fun, diharapkan menumbuhkan kembali cintanya masyarakat terhadap olahraga, seperti halnya olahraga tradisional yang kini nyaris hilang ditelan era moderinsasi saat ini," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua FORMI, Hayono Isman yang sebelumnya telah melakukan MoU dengan kota pelaksanaan yakni Samarinda serta Gubernur Kalimantan Timur telah menyepakati untuk menjadikan Fornas ke-5 ini menjadi Fornas yang terbaik dari sebelumnya. Untuk itu, dukungan dari Kemenpora menjadi spirit tambahan untuk menyukseskan ajang ini.

"Dukungan dari Kemenpora merupakan dukungan yang sangat strategis dalam bentuk arahan dari Menpora Imam Nahrawi, serta dukungan berbentuk dana untuk memperkuat pembiayaan Fornas ke-5 di Samarinda, Kalimantan Timur ini," ucap Hayono Isman.

Menurut mantan Menteri Negara Pemuda dan Olahraga Indonesia ke-6 pada masa jabatan1993-1998 itu, ajang ini sekaligus sebagai kegiatan yang makin meningkatkan partisipasi publik, karena mengingat bahwa olahraga rekreasi itu pesertanya adalah masyarakat.

"Berbeda dengan olahraga prestasi, pelakunya adalah atlet, namun di Fornas ini pelakunya adalah masyarakat yang gemar dan cinta berolahraga, sehingga ajang ini sebagai media untuk memperkuat sekaligus mengajak masyarakat untuk melakukan aktifitas berolahraga, serta menghargai olahraga kreasi masyarakat, baik tradisional maupun modern," ungkapnya.