216 Kuda dan 40 Klub Siap Berkompetisi

The Jakarta Masters Di Equestrian Jadi Ajang Tingkatkan Kualitas Atlet Berkuda

An
The Jakarta Masters Di Equestrian Jadi Ajang Tingkatkan Kualitas Atlet Berkuda
Puluhan riders bersiap untuk mengikuti kategori jumping kejuaraan The Jakarta Masters 2019 pada Sabtu (27/4/2019) di Jakarta International Equestrian Park (JIEP) Pulomas Jakarta Timur

Jakarta, HanTer -- Kejuaraan The Jakarta Masters 2019 akan digelar di Jakarta International Equestrian Park (JIEP), Pulomas, Jakarta Timur pada 26-28 April 2019. Even ini diharapkan akan meningkatkan kualitas dan jam terbang atlet berkuda Indonesia.

"Sebanyak 216 kuda dan 40 klub berkuda dari berbagai daerah di Indonesia. Jumlah riders yang berpartisipasi mencapai 200-300 orang. Bahkan jumlah riders yang mendaftar mencapai 600 entries yang mengikuti pertandingan kategori jumping, dressage, maupun cross country," ujar Presiden The Jakarta Masters 2019, Dimas R. Putranto, Sabtu (27/4/2019) siang di venue lapangan utama JIEP.

Dimas mengatakan, berbagai even kejuaraan di Equestrian Jakarta dapat meningkatkan kualitas atlet berkuda Indonesia sehingga mereka terus berprestasi dan menambah jam terbangnya dalam berbagai kompetisi berkuda.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum PP Pordasi, Mohhamad Chaidir Saddak melihat kehadiran para atlet senior di The Jakarta Masters 2019 sangat baik agar mereka bisa memberikan contoh dan berbagi pengalaman kepada atlet junior.

"Kejuaraan ini dapat meningkatkan kemampuan Atlet PB Pordasi. Saya gembira sekali melihat event seperti ini. Setiap tahun banyak pertandingan dimana Indonesia akan diundang dan mengirimkan atlet nasional dalam kejuaraan berkuda skala internasional," kata Chaidir.

I Made Trisna Rendra, juara pertama kategori SJ 100 cm Junior The Jakarta Masters 2019 mengaku banyak belajar dan mengenal karakter kuda agar bisa segera menyesuaikan diri dengan cepat sesuai venue.

"Harapan saya agar kelas Equestrian semakin banyak pertandingan besar seperti ini. The Jakarta Masters ini sangat bisa memberikan dan menambahkan pengalaman, apalagi hadiah besar dan persiapannya cukup baik dan yang paling penting menambah pengalaman," kata Rendra.

Sementara itu, juara pertama SJ 100 cm Open, Brayen Brata Coolen mengaku dari berbagai venue berkuda yang ia rasakan, JIEP merupakan venue kelas dunia yang paling bagus di kelas Equestrian.

"Malahan kuda-kuda jauh lebih nyaman lompat di venue ini. Dibandingkan tahun 2008, level paling tinggi hanya 120 cm dengan jumlah peserta 3-4 orang. Sekarang bisa mencapai 140 cm dan diikuti oleh banyak sekali peserta," kata Brayen.

Brayen mengaku akan menjalani pelatihan di Belanda dengan kuda khusus untuk persiapan mengikuti Asian Championship di Thailand pada Desember 2019 nanti.