Barcelona 1-1 Real Madrid

Gol Malcom Jaga Peluang Barcelona

Eka
Gol Malcom Jaga Peluang Barcelona
Malcom menjadi penyelamat usai mencetak gol penyama bagi Barcelona.

Catalan, HanTer - Sebuah kerugian besar menghampiri Barcelona ketika mereka gagal mengamankan hasil positif saat menjamu Real Madrid pada leg pertama semifinal Copa del Rey. Tampil dihadapan publik sendiri, tim asuhan pelatih Ernesto Valverde harus puas ditahan imbang 1-1 oleh rival abadinya di Nou Camp Stadium, Kamis (7/2/2019) dini hari WIB.

Itu menjadi sebuah kerugian, sebab pada leg kedua mereka harus menjalani laga tandang ke markas Real Madrid. Dimana catatan kurang meyakinkan kerap dituai Lionel Messi dan kawan-kawan saat mengarungi petualangan di ajang Copa del Rey. Seperti hal disaat main di perempatfinal.

Kala itu menghadapi Sevilla, skuad Valverde dikejutkan usai takluk ditangan tuan rumah dengan skor 2-0 pada leg pertama di Ramon Sanchez Pizjuan. Beruntung pada leg kedua yang bermain di Nou Camp, Lionel Messi dan kolega mampu bangkit serta mengamuk dengan mengusir Sevilla dari ajang Copa del Rey usai memukul lawan 6-1.

Dalam jalannya laga, Blaugrana, julukan Barcelona, memang unggul dengan 57 persen penguasaan bola, tapi menderita 11 tembakan ke gawang setara dengan yang mereka lancarkan. Bomber Madrid, Karim Benzema, yang torehkan enam gol dalam empat laga sebelumnya jadi ancaman utama pertahanan Barca. Petaka pun dihadirkannya, ketika laga baru berjalan enam menit.

Penetrasi Benzema dari sisi kiri pertahanan Barca berujung konkret, dengan sodoran manisnya sukses disambut Lucas Vazquez untuk bawa Los Merengues unggul 1-0 hingga turun minum. Namun Barca yang tak ingin malu di depan pendukungnya sendiri mampu bangkit di babak kedua. Pada menit ke-57, kedudukan di papan skor pun berubah imbang 1-1 berkat gol Malcom. 

Pemain sayap berpaspor Brasil itu ceploskan bola ke gawang kosong, hasil kemelut di depan gawang Madrid yang dimulai oleh Arthur. Serangan Barca semakin intens setelahnya. Pelatih mereka, Ernesto Valverde, bahkan sampai menurunkan Lionel Messi yang kurang fit untuk menambah daya gedor. Sayang, kedudukan imbang 1-1 tidak berubah hingga laga berakhir.

Malcom yang sukses menjadi penyelamat terhindarnya Barcelona dari kekalahan di kandang sendiri mengakui pertandingan melawan Real Madrid akan selalu menjadi laga yang sulit meski pada pertemuan sebelumnya di ajang La Liga skuad Valverde mengantongi kemenangan besar yang mengorbankan dipecatnya Julen Lopetegui sebagai pelatih Madrid.

Meski imbang di kandang, ia yakin Blaugrana mampu bangkit dan memberikan kejutan pada leg kedua di markas lawan. "Pertandingan melawan Madrid selalu yang terbesar tahun ini. Kami tenang malam ini dan kami bisa menggambar permainan. Kami harus bermain dengan intensitas yang sama di leg kedua jika kami ingin maju," ujar pemain yang dirumorkan akan dilepas Barcelona musim depan, seperti dilansir Football Espana.