Dampak Sukses Asian Games, Palembang Gali Sektor Pariwisata Melalui Olahraga

Eka
Dampak Sukses Asian Games, Palembang Gali Sektor Pariwisata Melalui Olahraga
Dialog terbuka menuju Palembang Triathlon 2019 yang dihadiri Ketua INASGOC Erick Thohir

Jakarta, HanTer - Gelaran Asian Games XVIII/2018 rupanya tidak hanya menelurkan sebuah tinta sejarah dalam hal prestasi, tetapi juga berdampak terhadap pertumbuhan di sektor ekonomi dan pariwisata. Hal itu turut dirasakan Palembang selaku salah satu tuan rumah kejuaraan multi event empat tahunan tingkat Asia.

Selain menumbuhkan citra positif para atlet tanah air, Asian Games 2018 juga berhasil meningkatkan minat masyarakat akan olahraga, peningkatan potensi pariwisata melalui sport tourism, dan pembangunan infrastruktur olahraga tingkat internasional yang dapat dinikmati segenap bangsa Indonesia. 

Kini selepas menghelat kejuaraan multi event bergengsi di tingkat Asia, kota Palembang akan menjadi tuan rumah ajang triathlon bertaraf internasional bertajuk Palembang Triathlon pada 9-11 Februari mendatang.

Juliany Nurdin, CEO PT Rocca Karya Indonesia selaku penyelenggara Palembang Triathlon di Jakarta, Kamis mengungkapkan terpilihnya Palembang sebagai tuan rumah kejuaraan triathlon tersebut karena Ibu Kota Sumatera Selatan tersebut memiliki infrastruktur yang sudah terbangun dengan baik.

"Kami juga ingin membagi pengalaman atlet Asian Games di sana kepada para pecinta olahraga di seluruh Indonesia," kata Juliany dalam dialog terbuka bertajuk Energi baru bagi Sektor Pariwisata di Indonesia Melalui Dunia Olahraga di Jakarta, Kamis (31/1/2019). 

Saat ini panitia penyelenggara sudah mendapatkan 400 nama peserta dari sedikitnya delapan negara yang akan berpartisipasi di dalam kejuaraan olahraga yang memadukan tiga jenis olahraga yaitu renang, lari dan sepeda itu.

Karena Palembang tidak memiliki garis pantai, maka untuk arena renang akan dilaksanakan di Danau Jakabaring. Sementara sepeda akan mengambil jalur melintasi Jembatan Ampera dan rute lari akan menyusuri seputaran Jakabaring.

Juliany menambahkan, akan ada sejumlah kategori jarak yang dilombakan seperti sprint distance, olympic distance, yang masing-masing untuk kategori individu dan relay.

Ditempat yang sama, Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) Erick Thohir mengungkapkan bahwa banyak dampak positif, khususnya di kota penyelenggara setelah berakhirnya Asian Games 2018, salah satunya Palembang.

"Saya rasa bagus karena memang fasilitas yang sudah dibangun harus terus dijalankan apalagi kalau kita melihat pertumbuhan ekonomi Indonesia kan makin hari makin bagus, jadi hal yang positif juga ketika ada industri-industri baru yang dikembangkan seperti industri olahraga dan kreatif," ujarnya. 

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang Isnaini Madani juga berharap ajang Palembang Triathlon diharapkan mampu membantu menciptakan ekosistem bagi perkembangan sports tourism di kota yang terkenal dengan Pempeknya itu. "Harapannya Palembang bisa jadi brand nasional untuk sports tourism," ia mengakhiri.