ISI KURSI KOSONG KETUA UMUM

Voters Dorong PSSI Gelar Kongres Luar Biasa

Eka
Voters Dorong PSSI Gelar Kongres Luar Biasa
Umuh Muchtar (ist).

Badung, HanTer - Edy Rahmayadi resmi melepas jabatan sebagai Ketua Umum PSSI Periode 2016-2020. Keputusan itu disampaikan saat menggelar Kongres Tahunan di Nusa Dua, Badung, Bali, Minggu (20/1/2019).

Kini kursi Ketua Umum induk tertinggi sepakbola tanah air pun, lowong. Dengan waktu tersisa yang cukup sempit, peluang besar posisi Edy akan digantikan sementara Joko Driyono selaku Wakil Ketua Umum.

Jokdri, sapaan Joko, bisa saja memimpin sampai tahun 2020, tahun berakhirnya era kepengurusan yang dilantik tahun 2016. Namun, lain cerita jika para pemilik suara (voters) meminta untuk segera melakukan pergantian ketua umum.

Mekanisme yang dilakukan adalah melalui kongres luar biasa (KLB). Regulasi tersebut diterangkan dalam pasal 30 Statuta PSSI. Di sana tertulis, KLB bisa digelar jika 50 persen atau 2/3 delegasi membuat permohonan tertulis untuk itu.

KLB akan diadakan oleh komite eksekutif PSSI tiga bulan setelah permintaan resmi itu diterima. Seandainya tidak juga digelar, anggota dapat melangsungkan kongres sendiri atau bisa pula meminta bantuan FIFA.

Seiring dengan sorotan terhadap para petinggi PSSI akibat dugaan adanya skandal praktik mafia bola, voters pun mengambil langkah tegas, yakni mendorong PSSI untuk segera mengadakan Kongres Luar Biasa (KLB).

"Saya kira itu harus diajukan demi pembaruan PSSI. Tak ada jalan keluar lain," ujar Ketua Asosiasi Provinsi PSSI DKI Jakarta Uden Kusuma Wijaya di sela kongres tahunan PSSI.

Menurutnya hal itu perlu dilakukan sebab citra PSSI tengah memburuk di mata masyarakat.

"PSSI saat ini dalam kondisi sangat buruk karena beberapa para petingginya di jajaran komite eksekutif terjerat kasus hukum pengaturan skor dan bahkan ada yang ditetapkan menjadi tersangka," katanya.

Senada diungkapkan Umuh Muchtar selaku manajer Persib Bandung. Terkait waktunya, Umuh meminta agat KLB digelar usai pemilu 17 April 2019.

"Agar KLB tidak terganggu. Ini harus diselesaikan dahulu sebelum Liga 1 dimulai," jawabnya.

#Voters   #pssi   #edy   #rahmayadi   #mundur   #klb