ABL 2018/19

BTN CLS Knights Indonesia Bungkam Pemuncak Klasemen di Surabaya

Hermansyah
BTN CLS Knights Indonesia Bungkam Pemuncak Klasemen di Surabaya
Douglas Herring saat menghujam ring Macau Black Bears di Surabaya

Surabaya, HanTer – BTN CLS Knights Indonesia tampil perkasa memulai laga awal kandang mereka di tahun 2019, dalam  lanjutan kompetisi Asean Basketball League (ABL) musim 2018-2019.

Pada pertandingan yang bergulir di GOR Kertajaya, Surabaya, Minggu (13/1/2019), tim asuhan Brian Rowsom tersebut mampu mengalahkan sang pemuncak klasemen sementara, Macau Black Bears dengan skor, 105-78. 
Hasil ini juga sekaligus membalas kekalahan pada pertemuan awal mereka  (2 Desember 2018), saat itu Sandy Febiansyakh Kurniawan dan kawan-kawannya harus mengakui ketangguhan Macau Black Bears 117-110.

Pemain asing BTN CLS Knights Indonesia Maxie Esho kembali menjadi topskor untuk timnya. Ia berhasil mencetak raihan double-double 25 poin dan11 rebound, Sementara rekannya Wong Wei Long mendulang 22 angka dan tujuh assist, diikuti oleh Sandy Febiansyakh Kurniawan dan Darryl Watkins yang sama-sama mencetak 15 angka.

Catatam statistik menjabarkan. tuan rumah 22 kali berhasil mencetak total tembakan tiga angka yang berhasil menjadi poin, 43 rebound, 34 assist dan 62.5 % persentase free throw (memasukan 5 dari 8 percobaan). Sedangkan Macau Black Bears total membuat 42 rebound, 12 assist namun unggul dari persentase tembakan bebas yakni 66.7% (12/18)

Darryl Watkins bigman baru andalan tuan rumah, membuka keran skor untuk timnya lewat satu peluang diaera key hole lawan. Selanjutnya kinerja tim kebanggan warga Surabaya ini terus membaik di 10 menit pertama. Tercatat 5 kali tembakan tiga angka berhasil dijaringkan oleh tim yang berjuluk Ksatria Surabaya ini, dua diantaranya berhasil disumbangkan oleh Wong Wei Long, tiga lagi disematkan masing-masing oleh Maxie Esho, Brandon Jawato dan Sandy Febiansyakh Kurniawan. CLS Knights pun unggul dengan selisih 13angka (28-15).

Meski dapat menjaga kemenangan sementara di kuarter kedua (48-40), sayangnya BTN CLS Knights Indonesia agak sedikit lengah menjaga area pertahanannya khususnya di sisa waktu tiga menit terakhir yang menyebabkan Macau Black Bears secara perlahan mulai dapat menipiskan ketertinggalannya hanya menjadi delapan poin saja.

Namun performa pemain lokal Sandy Febiansyakh Kurniawan selama dua kuarter awal ini, meningkat tajam dalam mengasah kemampuanya melepaskan tembakan tiga angka. total sembilan poin bisa ia buat menutup paruh babak pertama.

Douglas Herring pengatur serangan BTN CLS Knights Indonesia kembali membuat permainan timnya semakin hidup pada kuarter ketiga. Ia mampu mendistribusikan aliran bola dengan cepat sehingga membuat rekan-rekannya dapat mengeksekusi bola dengan baik. Puncaknya sebuah assist yang ia lepaskan kepada Wong Wei Long (sisa waktu 5 menit empat detik) membuat pemain berdarah Singapura tersebut dapat melepaskan tembakan tiga angka dengan sempurna.

Tidak hanya itu saja,usaha itupun berbuah four- point play plus satu tambahan angka lagi dari free throw, karena lawan mendapatkan technical foul, kedudukan pun berubah menjadi 73-45. Lepas menit berikutnya tuan rumah tidak dapat dibendung lagi dan menutup kuarter ketiga dengan skor 89-54. Unggul cukup jauh, membuat BTN CLS Knights Indonesia semakin nyaman dan bermain lepas, sekaligus mempertahankan kemenangan dengan selisih 27 angka.

Hasil ini membuat tuan rumah berhasil meraih empat kali kemenangan. Selanjutnya BTN CLS Knights Indonesia akan kembali berlaga di kandang meladeni tim asal Taiwan, Formosa Dreamers pada hari Rabu, (16/1/2019).

“Kami sudah mulai menemukan ritme permainan. Masuknya Douglas Herring (mencetak 19 assist pada pertandingan hari ini) dan Darryl -Watkins sebenarnya saya sudah menduga ada potensi lebih dari dua pemain ini. Di game ini saya juga terpacu membuktikan bahwa pemain lokal bisa berkontribusi memberikan kemenangan. Hal itu terlecut setelah hasil dari evaluasi kemarin, “ ungkap Sandy Febiansyakh Kurniawan.

“Hari ini kami bermain bagus dan bisa meraih dua kali kemenangan berturut - turut. Kuarter ketiga tadi kami bermain sangat bagus dan semua menjalankan tugasnya dengan baik. Tapi saya harap jangan terlalu cepat puas. Saya ingin menang lagi pada game selanjutnya. Besok kita akan istirahat dan akan preview pertandingan Formosa Dreamers bersama,” komentar Brian Rowsom kepada awak media.