ASIAN TRACK CHAMPIONSHIP 2019

Jalan Pebalap Indonesia Menuju Tokyo 2020

Eka Putra
Jalan Pebalap Indonesia Menuju Tokyo 2020
Muhammad Fadli (kanan/Eka-HanTer)

Jakarta, HanTer - Kejuaraan balap sepeda tingkat Asia bertajuk Asian Track Championship (ATC) akan dimanfaatkan sejumlah pebalap untuk memburu poin sebagai salah satu syarat lolos Olimpiade Tokyo 2020.

Selain pebalap elit, tentu hal tersebut juga menjadi bidikan salah satu pebalap paracycling andalan Indonesia, Muhammad Fadli Imamuddin untuk tampil perdana di ajang Paralimpik Tokyo 2020.

Kendati begitu, Fadli menilai butuh perjuangan ekstra untuk tampil guna mendapat poin maksimal di ATC sebagai salah satu jembatan menuju Paralimpiade Tokyo. Ia mengaku persiapan cukup mepet selepas mengarungi gelaran Asian Para Games, Oktober 2018.

"Saya belum punya satu slot pun (menuju Paralimpik -red). Jadi ini sangat penting unruk mendapatkan slot di paralimpik. Kita kemarin sudah punya satu slot di Asian Para Games, tapi belum cukup. Karena menuju Paralimpik harus duduk di enam besar Asia," kata dia di Jakarta International Velodrome, Senin (7/1/2019).

Untuk itu Fadli yang turun di dua nomor, yakni Men's Individual Pursuit dan Road Race Team Sprint, akan memanfaatkan single event ATC untuk mendapat poin semaksimal mungkin sebagai langkah menatap tampil pada kejuaraan multievent bergengsi sejagat, 2020 mendatang. 

Seperti diketahui, Indonesia berkesempatan menjadi tuan rumah untuk menggelar kejuaraan single event bertajuk Asian Track Championship di Jakarta International Velodrome (JIV) pada 8-13 Januari 2019. Terakhir kali status tuan rumah disandang Indonesia pada 2008 saat menggelar kejuaraan sepeda tingkat Asia di Tarakan, Kalimantan Utara.

Dalam gelaran ATC ke-39 ini, atlet Paracycling turut berlomba karena Asian Track Championship memasukkan rangkaian Para Asian Track Championship ke-8 dan juga Junior Track Championship ke-26 secara bersamaan. 

"Total ada 297 pebalap dari 16 negara yang akan tampil dari kategori elit (Asian Track Championship -red), Junior dan juga Paracycling," kata Kepala Bidang Lomba PB ISSI Parama Nugraha yang juga menjabat sebagai Ketua Panpel ATC 2019 di Jakarta.