Bungo Stray Dogs Season 4 Episode 5: Oguri Ternyata Bukan Orang Jahat! Nikolai Gogol Benar-benar Membunuhnya?

- Kamis, 2 Februari 2023 | 17:34 WIB
Mushitaro Oguri ternyata bukan orang yang benar-benar jahat. Ranpo galau, apakah Gogol benar-benar membunuhnya? (Foto: YouTube - KADOKAWAanime)
Mushitaro Oguri ternyata bukan orang yang benar-benar jahat. Ranpo galau, apakah Gogol benar-benar membunuhnya? (Foto: YouTube - KADOKAWAanime)

HARIANTERBIT.com - Bungo Stray Dogs Season 4 Episode 4 'The Perfect Murder and Murderer (Part 2)' diawali dengan kecerdikan Ranpo simpulkan kejahatan Mushitaro Oguri secara akurat dan sangat mengkhawatirkan bagi Oguri.

Sementara itu, Poe memeriksa manuskrip penulis yang sudah meninggal dunia, dengan harapan ada beberapa petunjuk.

Petugas menjulukinya sebagai 'Pembunuhan Kindaichi' karena sang penulis telah meramalkan pembunuhan terhadap dirinya sendiri dalam manuskrip tersebut.

Poe berharap menemukan si pelaku dengan membacanya, tapi ia melihat halaman terakhirnya merupakan sebuah fotokopi dan beberapa kata terakhir terkena tetesan air. Saat itulah, dia mendapat telepon.

Baca Juga: Pharita Baby Monster, Main Vocal 17 Tahun yang Jago 3 Bahasa

Sementara itu, Ranpo memberi tahu Oguri bahwa spesialis Fyodor dan pembunuhnya merupakan orang yang sama dan ia tunjukkan kepadanya halaman terakhir yang asli dan dia temukan saat melewati sebuah pusat alat tulis terdekat.

Dia akhirnya mengumumkan, Mushitaro Oguri merupakan pembunuhnya. Sesaat kemudian, pengemudi mobil yang mereka tumpangi menodongkan senjata padanya.

Polisi saat itu tak bisa menangkap Oguri karena dia berada di dalam mobil diplomat asing. Oguri dengan girang pergi berlalu, tapi melihat telepon Ranpo yang tertinggal tiba-tiba berdering.

Saat dia mengambilnya, Ranpo mengatakan kepadanya bahwa dia akan mengalahkannya dan Oguri dipindahkan ke lokasi pembunuhan - secara ilusi.

Baca Juga: Balas Dendam Song Hye Kyo di The Glory Part 2: Perhatikan Tanda Bunga!

Ranpo memasuki tempat kejadian dan Oguri baru menyadari, dia berada dalam ilusi pembunuhan.

Namun, dia masih percaya diri karena Ranpo tak punya bukti dan dia bisa dengan mudah patahkan ilusi Poe dengan temukan perbedaan antara ilusi dan tempat pembunuhan yang sebenarnya.

Namun Ranpo katakan kepadanya, bahwa apa yang dia ungkapkan akan membuat Oguri menyerahkan diri.

Oguri mengingat apa yang sebenarnya terjadi saat dia membantu penulis - yang juga temannya, untuk menemukan misteri pembunuhan yang sempurna.

Baca Juga: Sidang Vonis Putri Candrawathi 13 Februari, Bareng Sidang Putusan Ferdy Sambo

Ternyata penulis itu mengidap kanker lambung dan hanya punya waktu satu tahun untuk hidup. Dia ingin menulis pembunuhan dirinya yang akan menimbulkan desas-desus dan meminta Oguri untuk membantunya - alias membunuhnya.

Oguri memberi tahu Ranpo, dia setuju untuk membunuh penulisnya dan mengambil keuntungan dengan menjual naskahnya.

Namun Ranpo merasa aneh karena halaman terakhir terkena air, yang ternyata adalah air mata si pembunuh.

Oguri yang tak pernah ingin membunuh si penulisnya dan tak punya dendam ataupun motivasi apapun, ternyata mencekik leher si penulis sembari menangis.

Ranpo juga menunjukkan sisi gelapnya saat dia menolak untuk membiarkan Fyodor atau anak buahnya menyakiti Agensi Detektif lagi, dan ini membuat Oguri takut. Dia akhirnya melakukan apa yang dikatakan Ranpo dan menyerahkan dirinya kepada polisi untuk melindungi keinginan temannya.

Baca Juga: Renbo, Wajah Baru Tim RRQ

Saat Oguri ditangkap, dia pun membatalkan kemampuannya sehingga polisi temukan bukti bahwa Kunikida - yang berada di penjara, tidak bersalah.

Poe juga bertanya mengenai pembunuhan spesialis palsu dan Ranpo menyimpulkan, pria yang tewas terjatuh dari atap gedung - di episode 4, mati dibunuh Fyodor. Sedangkan Oguri, tidak pernah membunuh siapapun kecuali si penulis.

Sayangnya, saat polisi membawa Oguri, seorang pria yang berpura-pura menjadi petugas membunuh polisi tersebut. Dia lalu mengaku bernama Nikolai Gogol kepada Oguri dan mengaku ada di situ untuk menyelesaikan masalah.

Oguri sadar dia sedang bersama Fyodor dan Gogol menyebut kelompoknya sebagai 'Lima Pertanda Mematikan'. Oguri pun menggunakan radio polisi untuk memperingatkan Ranpo agar tak mengambil kasus berikutnya, hingga suara tembakan terdengar. Oguri mati??!!

Baca Juga: Chelsea Bikin Hakim Ziyech Gagal Gabung PSG

Ulasan Episode
Ternyata Oguri bukan orang jahat. Terlepas dari kemampuannya yang memungkinkan dirinya lolos dari kejahatan, satu-satunya kasus pembunuhan dia lakukan atas perintah temannya, sang penulis.

Diungkapkan Review Geek, ini juga terlihat saat dia mencoba menghentikan pengemudi mobilnya untuk membunuh Ranpo, lalu mengingatkan Ranpo saat Gogol muncul. Kami berharap Gogol tidak membunuhnya dan Oguri muncul kembali.

Yang mencuri perhatian di episode ini, tak lain adalah Ranpo-kun yang menyatakan akan melakukan apa saja untuk melindungi Agensi Detektif walau tak punya kekuatan super! ***


Editor: Yuli Terbit

Tags

Terkini

Mark NCT Siap Rilis Single Kedua Golden Hour

Jumat, 31 Maret 2023 | 14:44 WIB
X