3 Bintang Kpop ini Mendapat Hadiah Ujaran Kebencian saat Tahun Baru Imlek, Apa Sebabnya?

- Rabu, 25 Januari 2023 | 06:59 WIB
3 bintang Kpop ini mendapat hadiah ujaran kebencian saat Tahun Baru Imlek, Ini penyebabnya. (Kbizoom.com)
3 bintang Kpop ini mendapat hadiah ujaran kebencian saat Tahun Baru Imlek, Ini penyebabnya. (Kbizoom.com)

HARIANTERBIT.com – Tiga bintang Kpop mendapat hadiah ujaran kebencian dari netizen Cina pada saat perayaan Tahun Baru Imlek lalu.

Seohyun Girls Generation, Jang Won Young IVE juga BTS dihujani ujaran kebencian di duga dari netizen Cina setelah mengirim ucapan selamat Tahun Baru Imlek.

Pada 22 Januari 2023, hari Tahun Baru Imlek, Jang Won Young memposting foto dirinya mengenakan hanbok di akun SNS-nya dan meninggalkan pesan yang berbunyi, "Semoga Tahun Baru Anda bahagia." Seohyun juga meninggalkan pesan yang berbunyi, "Selamat Tahun Baru. Selamat Tahun Baru Imlek" bersama dengan foto dirinya yang mengenakan hanbok.

Baca Juga: Ramalan Tarot Mingguan 24 – 30 Januari 2023 untuk 6 Zodiak: Cancer, Menemukan Jalan Buntu

Sejak saat itu, mereka mendapat kecaman keras dari para netizen yang diduga berasal dari Cina. Mereka mengekspresikan kemarahan mereka melalui tindakan kolektif, seperti meninggalkan komentar "Selamat Tahun Baru Cina" dan menempelkan emotikon hijau dengan gambar muntah. Mereka menginginkan para idol menggunakan kata Selamat Tahun Baru Cina bukan Seollal atau Lunar New Year.

Selain itu, ada juga komentar yang merendahkan hanbok sebagai pakaian Korea-Cina, dengan mengatakan, "Sangat cantik mengenakan kostum Korea-Cina kami."

Perang kata-kata juga terjadi di kolom komentar video YouTube BTS. Setelah menulis judul video yang dirilis pada 21 Januari  sebagai BTS 2023 Happy Seollal Greeting, ketujuh anggota BTS muncul dengan mengenakan hanbok untuk menyambut Tahun Baru Imlek. Video ini direkam sebelum Jin menjalani wajib militer dan dan para penggemar bersorak karena mereka dapat melihat BTS secara lengkap.

Baca Juga: Ramalan Tarot Mingguan 24 – 30 Januari 2023 untuk 6 Zodiak: Aquarius, Jangan Sembrono!

Masalahnya, bahkan dalam video ini, beberapa netizen secara sistematis berkomentar "Selamat Tahun Baru Cina". Menanggapi hal ini, banyak penggemar asing, termasuk netizen Korea, yang membela BTS dengan menggunakan kata-kata seperti 'Seollal' dan 'Luna New Year'.

Di tengah komentar dan kritik jahat tanpa pandang bulu dari netizen Cina, Seo Gyeong Deok, seorang profesor di Universitas Wanita Sungshin, yang menjelaskan perbandingan antara Hari Tahun Baru Korea dan Hari Tahun Baru Cina, juga diteror.

Halaman:

Editor: Yuli Terbit

Sumber: Kbizoom.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Trigun Stampede, Tak Ada Lagi Sensor Terselubung!

Rabu, 8 Februari 2023 | 06:20 WIB

Promo Ay Yo, Jaehyun NCT Bikin NCTzen Salah Fokus

Selasa, 7 Februari 2023 | 09:38 WIB
X