Sambut HUT DFI ke 9, Yan Widjaya: Jadikan Film Indonesia Tuan Rumah di Negeri Sendiri

- Jumat, 9 Desember 2022 | 08:10 WIB
Yan Widjaya (ketiga dari kiri) (ist)
Yan Widjaya (ketiga dari kiri) (ist)


HARIANTERBIT.com - Menjelang penghujung tahun 2022 tak terasa, sebagai entitas sinergi dengan filmmaker, produser, jurnalis, pengamat film, akademisi dan pemerintah, DFI sudah berusia 9 tahun dengan legal standing yayasan, selalu berkutat pada apresiasi dan kampanye Film Nasional.

"Menjadikan film Indonesia tuan rumah di negeri sendiri dan tamu terhormat di negeri tetangga. DFI mengajak menonton film Indonesia setiap Kamis di hari dan show pertama, " ucap Yan Widjaya selaku Ketua Umum DFI, Kamis (8/12/2022).Baca Juga: Lengkap! Ini Pernyataan Hakim Ketua Sidang Brigadir hingga Dilaporkan ke KY

Dijelaskan pada tahun 2022 ada dua awards bertajuk DFI Cinema Achievement Award 2022 Kategori Government Support yang diberikan kepada Ahmad Mahendra - Dit. PMM KemendikbudRistek RI.

Yoen K menjelaskan sebagai owner dan produser KCM setelah menerima award dari dFI.

"Kota adalah singkatan Komunitas kiTA. Tujuan didirikan memang bukan hanya sebagai tempat menonton film biasa, tetapi juga sebagai tempat berkumpulnya berbagai komunitas,” terangnya.Baca Juga: Kesehatan Mental Medina Zein Terganggu, Bisnis Kecantikannya Diambil Heni Purnamasari

Sebagai produser film lebih dari 15 tahun, Yoen K menyadari distribusi film masih terfokus di kota-kota besar saja. Perlu sebuah upaya besar untuk memulai penyebaran bioskop di tingkat Kabupaten secara terarah dan profesional.

Sementara, Ahmad Mahendra mengapresiasi dFI sebagai sentra sinergi.

"Lanjutkan saja dan sangat membantu pemerintah, apalagi DFI ingin 2023 mendatang memanfaatkan Videotron kementerian dan lembaga negara untuk ikut memutar trailer film-film baru, saya dukung," katanya.

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Terkini

X