Mimpi dan Harapan 3 Remaja, Jadi Potret Film Jendela Seribu Sungai

- Minggu, 13 November 2022 | 16:28 WIB
Salah satu pemain Jendela Seribu Sungai (JSS) (dok)
Salah satu pemain Jendela Seribu Sungai (JSS) (dok)


HARIANTERBIT.com - Keindahan sebuah wilayah di Indonesia ternyat abisa menjadi inspirasi dalam menulis sebuah cerita menarik dan diangkat menjadi film layar lebar.

Contohnya novel Jendela Seribu Sungai (JSS) karya Miranda dan Avesina Soebli yang diangkat menjadi tontonan film bermutu.

Miranda dan Avesina berhasil mempertemukan kultur sungai masyarakat Banjar dengan pegunungan masyarakat Dayak di lembah Meratus.

Terlebih, novel ini mengangkat kisah drama keluarga, cita-cita anak, persahabatan dan petualangan yang sesungguhnya.Baca Juga: MUI Pastikan Tak Ada Masjid di Elat yang Terbakar Akibat Kerusuhan Maluku

Keterlibatan pemain asal Banjarmasin seperti Olla Ramlan, Halisa Naura, Bopak Costello, dan Elma Istiana. Band Radja dengan lagu baru mereka berjudul Ada Jalan menjadi pengisi original sountrack film Jendela Seribu Sungai. Termasuk Ian Kasela yang berperan sebagai dirinya (cameo) di film ini.

Mimpi dan cita-cita anak selayaknya mengalir lepas seperti sungai. Seribu sungai tetaplah tersatukan gelombang besar yang membawa mimpi itu mewujud.

Ya, tiga anak yakni, Bunga, Arian dan Kejora disatukan di sekolah dengan guru, Bu Sheila yang sangat memahami mimpi dan harapan mereka.Baca Juga: Sidang Ditunda Seminggu, Ini Yang Akan Dilakukan Tim Hukum Bharada E

Sayang, keinginan mereka tidak selalu sejalan dengan harapan mereka. Arian yang punya bapak seorang seniman kuriding, justru tak ingin anaknya mewarisi keahliannya memainkan kuriding.

Kejora sebaliknya, ingin melambungkan cita-citanya menjadi dokter, justru ditentang oleh bapaknya yang trauma dengan dokter Puskesmas yang dianggap telah membunuh istrinya saat melahirkan.

Begitu pula Bunga tak pernah sekali pun mengembangkan bakat tarinya di depan orangtuanya yang serba-kecukupan. Down-syndrome malah membuat orangtua Bunga mematikan cita-cita Bunga sebagai seorang penari.Baca Juga: Pagelaran Sabang Merauke Bentuk Kecintaan Anak Muda terhadap Leluhur Bangsa

Halaman:

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Terkini

NCT Konser di Jakarta, Cek Harga Tiketnya!

Jumat, 27 Januari 2023 | 06:41 WIB
X