• Selasa, 7 Februari 2023

Rekomendasi Enam Film Perang Terbaik Berdasarkan Kisah Nyata

- Rabu, 14 September 2022 | 21:44 WIB
Potongan Film Hacksaw Ridge (Instagram @hacksawridge)
Potongan Film Hacksaw Ridge (Instagram @hacksawridge)
 
HARIANTERBIT.com - Film perang yang didasarkan pada peristiwa nyata selalu memberikan cerita dan sensasi yang berbeda bagi para penontonnya. Selain menikmati filmnya, penonton juga dapat mengetahui bagaimana gambaran pada peristiwa peperangan yang pernah terjadi tersebut.

Banyak film perang telah dibuat selama bertahun-tahun, tetapi yang paling keras biasanya didasarkan pada kisah nyata.

Kisah-kisah heroik dan mengerikan ini menceritakan kehidupan orang-orang yang pernah menderita di kala terjadinya peperangan, baik dari para pejuang, warga sipil hingga para pemimpin yang dieksekusi.

Baca Juga: If You Wish Upon Me Episode 11: Kondisi Kang Tae Shik Semakin Melemah karena Kanker

Berikut adalah enam daftar film perang terbaik berdasarkan kisah nyata:

1. Dunkirk (2017)

Pertempuran Dunkirk adalah pertahanan dan evakuasi Britania dengan sekutunya yang telah terpisah dari pertahanan Prancis utama oleh serangan Jerman. Setelah tujuh bulan Perang Phoney, pertempuran Perancis dimulai pada 10 Mei 1940. Jerman menyerang dan menguasai Belanda, dan lalu menyerbu Belgia. Pertempuran ini berakhir dengan evakuasi Dunkerque (Dunkirk).

Dunkirk merupakan film yang menceritakan kisah nyata serta akan membawa kita dalam perjalanan melintasi darat, laut, dan udara selama terjadinya Pertempuran Dunkirk. Nolan bertugas sebagai dokumenter untuk mendokumentasikan kehidupan berbagai pria yang berjuang untuk mengevakuasi pantai Dunkirk pada Mei 1940.

Diperankan oleh Tom Hardy, Cillian Murphy, Kenneth Branagh, dan Harry Style. Mereka berperan sebagai para tentara sejati yang berjuang dalam peperangan. Sebagian orang menganggap Dunkirk sebagai kegagalan terbesar pada Perang Dunia II.

2. A Bridge Too Far (1977)

Diperankan oleh Dirk Bogarde, Michel Caine, James Caan, Sean Connery, Edward Fox, Anthony Hopkins. Pada perang dunia kedua, sekutu menjalankan Operation Market Garden, sebuah misi untuk menguasai wilayah di Belanda agar bisa masuk ke wilayah yang dikuasai Jerman.

Baca Juga: Semakin Melokal, Siwon Super Junior Sukses Buat Penggemar Terhibur dengan Gombalannya

Sekitar 35.000 orang diterbangkan dari Inggris untuk diterjunkan tepat di wilayah yang dikuasai musuh. Dua pasukan terjun tempur dikirim oleh Amerika untuk menguasai jalan dan jembatan di Nijmegen.

Para penerjun tempur Inggris, di bawah komando Mayor Jenderal Roy Urquhart ditugaskan untuk mendarat di Arnhem.

Mereka diperintahkan untuk menguasai kedua sisi jembatan yang akan dibantu oleh penerjun tempur kiriman Polandia di bawah komando Jenderal Stanislaw Sosabowski. Pasukan Inggris bernama XXX Corps mendapat tugas untuk membantu misi dari jalur darat.

3. Hacksaw Ridge (2016)

Hacksaw Ridge merupakan film dari kisah nyata pada perang tahun 2016 yang disutradarai oleh Mel Gibson dan diproduseri oleh Terry Benedict, Paul Currie, Bruce Davey, William D. Johnson, Bill Mechanic, Brian Oliver dan David Permut.

Naskah film ini ditulis oleh Andrew Knight dan Robert Schenkkan berdasarkan kisah nyata Desmond Doss menjadi tentara medis Amerika Serikat selama Perang Dunia II.

Baca Juga: Ikatan Cinta 14 September 2022: Aldebaran Mengantarkan Reyna Pergi Sekolah

Doss pada awalnya dihukum dan diejek karena ia menolak untuk mengangkat senjata, tetapi Doss mendapatkan apresiasi ketika dia menyelamatkan 75 orang dalam Pertempuran Okinawa meskipun tidak menembakkan satu peluru pun.

4. Unbroken (2014)

Disutradarai oleh Angelina Jolie, Unbroken menceritakan kehidupan pemegang rekor Olimpiade sejak kecil hingga layanan Perang Dunia II. Ketika pesawatnya jatuh ke Pasifik, Zamperini nyaris selamat 47 hari dan terdampar di sekoci dengan dua awak.

Tapi nasib buruk tidak berhenti di situ. Zamperini kemudian ditahan di kamp tawanan perang Jepang, di mana Perwira Kekaisaran Mutsuhiro Watanabe selalu memperhatikannya.

Dipaksa menjalani segala macam siksaan, ia menolak dan lebih memilih memberikan kepuasan kepada Watanabe untuk membunuhnya. Unbroken adalah kisah kekuatan dan kemanusiaan dari kisah nyata yang difilmkan dengan indah dalam menghadapi kejahatan yang mengerikan.

5. We Were Soldiers (2002)

Dibintangi Mel Gibson sebagai Letnan Jenderal Hal Moore. Moore adalah pemimpin batalion AS melawan yang saat ini melawan tentara Vietnam di Lembah La Drang, 1965. Itu adalah hari-hari dimana membawa malapetaka pada Perang Vietnam yang berlangsung dari 1955 sampai 1973.

Ini film-kan dari buku terlaris Moore dan jurnalis Joseph L. Galloway yang berjudul We Were Soldiers Onc and Young dan diterbitkan pada tahun 1992.

6. Valkyrie (2008)

Film ini mengisahkan tentang Jerman Nazi pada masa Perang Dunia II dan menceritakan pemberontakan 20 Juli 1944 yang dilakukan oleh para perwira Tentara Jerman untuk membunuh Adolf Hitler.

Tom Cruise berperan sebagai Kolonel Claus von Stauffenberg, salah seorang tokoh pemberontak utama. Sementara itu artis Belanda Carice van Houten memerankan istri Kolonel Von Stauffenberg dan Adolf Hitler diperankan oleh David Bamber.

Sekelompok orang berpangkat tinggi mengkhawatirkan masa depan Jerman di tangan Hitler yang sedang tidak stabil, dan berencana menggunakan keadaan darurat nasional untuk mengambil kendali.

Baca Juga: 5 Hal Baik Sederhana yang dianjurkan dalam islam, Bisa Diterapkan dalam Kehidupan Sehari-hari

Jadi, itulah enam daftar film perang terbaik berdasarkan kisah nyata yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber. Film tersebut tidak hanya tentang adegan yang mengerikannya saja, tetapi para penonton juga diajak untuk memahami bagaimana sejarah peperangan tersebut bisa berlangsung.***

 
 

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Terkini

Promo Ay Yo, Jaehyun NCT Bikin NCTzen Salah Fokus

Selasa, 7 Februari 2023 | 09:38 WIB

Anak Artis, Kecil-kecil Banyak yang Ngefans

Senin, 6 Februari 2023 | 07:57 WIB
X