• Senin, 26 September 2022

Sambut Hari Kemerdekaan RI ke 77, tvOne Sajikan Rangkaian Film Spesial

- Rabu, 17 Agustus 2022 | 19:51 WIB
salah satu adegan di film De oost (dok tvOne)
salah satu adegan di film De oost (dok tvOne)


HARIANTERBIT.com - Memasuki bulan Agustus 2022 masyarakat mulai bergembira menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 1945 yang ke 77, termasuk tvOne yang menyangkan dua film spesial untuk pemirsa tercintanya.
Lewat dua film tersebut berlatar sejarah Republik Indonesia pada masa perjuangan kemerdekaan.

Baca Juga: Profil Deolipa, Lulusan UI Vocalis Band Anak Sersan Nyali Batu

De oost

Film De Oost (Bahasa Belanda dari “Sang Timur”) merupakan film sejarah yang mengambil latar belakang peristiwa perang Belanda – Indonesia. Film rilisan tahun 2020 ini disutradarai oleh aktor dan sutradara asal Belanda yang memiliki darah Maluku yaitu Jim Taihuttu. De Oost bercerita tentang seorang pemuda bernama Johan de Vries yang memutuskan untuk bergabung dengan militer Belanda.

Baca Juga: Profil Farel Prayoga Penyanyi Jalanan Goyang Istana

Dalam perjalanannya sebagai prajurit muda Belanda, Johan pun beradu argumen dengan Westerling yang merupakan Kapten Angkatan Darat Belanda. Johan tidak menyukai sikap Westerling yang mengeksekusi tawanan tanpa melakukan interogasi terlebih dahulu. Westerling yang tidak suka dibantah akhirnya juga menghukum Johan de Vries. Lantas hukuman apa yang diterima Johan? Dan bagaimana Johan menghadapinya? Film De Oost selengkapnya dapat disaksikan pada Rabu, 17 Agustus 2022, pukul 21.30 WIB.

Kereta Api Terakhir

Kereta Api Terakhir juga merupakan film yang mengambil set dimasa kemerdekaan Indonesia, dirilis pada tahun 1981 dan disutradarai oleh Mochtar Soemodimejo. Film ini adalah sebuah kisah dengan latar belakang gagalnya Perjanjian Linggarjati. Film yang diangkat dari novel yang berjudul Kereta Api Terakhir ke Jogjakarta: Roman Revolusi ’45 karangan Pandir Kelana tentu didekati dengan sikap romantik, baik terhadap kepahlawanan, maupun kisah cinta di baliknya.

Baca Juga: LPSK Jaga Bharada E dari Ancaman Racun

Markas Besar tentara di Yogya memutuskan untuk menarik semua kereta api yang ada ke Yogya. Alat angkut ini penting untuk transportasi. Untuk itu ditugaskan Letnan Sudadi yang diperankan oleh Rizawan Gayo, Letnan Firman yang diperankan oleh Pupung Harris, dan Sersan Tobing yang diperankan oleh Gito Rollies untuk mengawal semua kereta yang akan diberangkatkan dari Stasiun Purwokerto, dengan kerja sama Kolonel Gatot Subroto. Sudadi mengawal kereta yang pertama, Firman dan Tobing mengawal kereta terakhir. Saksikan kisah selengkapnya film Kereta Api Terakhir, Ahad 21 Agustus 2022 pukul 21.00 WIB.

Halaman:

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Terkini

Tagar #BlinksCyberBullying Trending, Kenapa?

Senin, 26 September 2022 | 07:06 WIB

Hibur Pemirsa Setia, RTV Hadirkan Panggung Rakyat

Sabtu, 24 September 2022 | 15:26 WIB
X