• Selasa, 4 Oktober 2022

HUT 17 Agustus, Ini 8 Film Perjuangan yang Pas Ditonton untuk Peringatan Hari Kemerdekaan

- Selasa, 16 Agustus 2022 | 12:39 WIB
Poster film Jenderal Soedirman, Kadet 1947, Soekarno, Guru Bangsa Tjokroaminoto.  (IMDb)
Poster film Jenderal Soedirman, Kadet 1947, Soekarno, Guru Bangsa Tjokroaminoto. (IMDb)

HARIANTERBIT.com – Indonesia akan merayakan peringatan ke 77 Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2022. Film perjuangan bisa menjadu salah satu cara membangkitkan semangat nasionalisme. 

Menonton film perjuangan pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan bisa membawa suasana tersendiri. Jiwa nasionalisme bisa ikut terangkat di Hari Kemerdekaan ini hingga lebih menghargai segala pengorbanan pahlawan demi merdeka pada 17 Agustus 1945.

Dilansir dari beberapa sumber, HARIANTERBIT.com merangkumkan delapan film perjuangan yang mengangkat tema tentang pejuang Hari Kemerdekaan 17 Agustus. Berikut  film-film itu:

Baca Juga: Tolak Permohonan Istri Ferdy Sambo, LPSK Bongkar Kejanggalan

  1. Soekarno

Ini merupakan salah satu film yang tidak boleh dilewati menjelang hari kemerdekaan Indonesia. Film ini mengangkat perjalanan kehidupan Soekarno dari semasa dia Kecil hingga berhasil memerdekaan Indonesia setelah membacakan proklamasi Kemerdekaan bersama Moh. Hatta pada 17 Agustus 1945.

Film yang dibintangi Ario Bayu, Lukman Sardi, Maudy Koesnaedi, dan Sujiwo Tejo ini sangat kental dengan nilai-nilai perjuangan para pahlawan untuk memerdekakan Indonesia dari belenggu para penjajahan.

Selain itu, film Soekarno juga berhasil memenangkan penghargaan sebagai Film Terpuji dalam Festival Film Bandung (FFB) pada tahun 2014.

Baca Juga: Kolaborasi dengan Al Pacino, Johnny Depp Siap Menyutradarai Film Biografi Artis Italia

  1. Jenderal Soedirman

Film yang diperankan Adipati Dolken ini menceritakan tentang perjuangan kehidupan sosok pejuang yang bernama Raden Soedirman. Diceritakan Soedirman melakukan aksinya pada era setelah kemerdekaan sebagai seorang panglima besar.

Halaman:

Editor: Yuli Terbit

Tags

Terkini

X