• Rabu, 10 Agustus 2022

Lokasi Syuting Pengabdi Setan 2: Communion Terbukti Angker!

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 19:58 WIB
Lokasi syuting Pengabdi Setan 2: Communion adalah rusun yang sudah terbengkalai belasan tahun hingga menghadirkan nuansa seram.  (instagram @pengabdisetan2.communion)
Lokasi syuting Pengabdi Setan 2: Communion adalah rusun yang sudah terbengkalai belasan tahun hingga menghadirkan nuansa seram. (instagram @pengabdisetan2.communion)

HARIANTERBIT.com – Sama seperti edisi sebemnya, film Pengabdi Setan 2: Communion cukup banyak menyedot perhatian publik.
 
Ini termasuk lokasi syuting rumah susun alias Rusun Pengabdi Setan 2: Communion yang begitu angker karena terbengkslsi belasan tahun. 
 
Tercatat, memasuki hari kedua pemutaran film Pengabdi Setan 2: Communion sudah menembus angka 1.000.000 penonton.
 
Pengabdi Setan 2: Communion yang disutradarai Joko Anwar ini cukup berhasil membuat penonton merasakan teror yang menakutkan dari awal sampai film ini berakhir.
 
 
Dari sekian banyak komentar penonton yang sudah menyaksikan film ini, rata-rata mengaku masih merasakan trauma dan ketakutan setelah keluar dari gedung bioskop.
 
Film yang mengambil setting di rumah susun yang menjadi tempat tinggal Rini dan keluarganya, masih menyisakan rasa takut penonton. Hal yang sama rupanya juga dialami para pemain selama syuting film ini tahun 2020.
 
Rusun Pengabdi Setan 2: Communion menjadi lokasi syuting yang benar-benar bikin merinding. Betapa tidak, bangunan ini terbengkalai selama belasan tahun hingga menimbulkan keangkeran tersendiri.
 
 
Sebelumnya, saat trailer film ini dirilis pada bulan Juni 2022 lalu, sutradara Joko Anwar menyebut bahwa lokasi ini berada di wilayah Jakarta Timur.
 
Setelah berbulan-bulan tidak mendapatkan lokasi, Joko Anwar akhirnya mendapat informasi dari salah satu followernya tentang keberadaan lokasi ini.
 
Setelah mendatangi tempat tersebut, sutradara yang pernah menggarap film Perempuan Tanah Jahanam ini pun sudah bisa merasa kalau lokasi tersebut memang sudah angker, cocok untuk film horor yang akan digarapnya.
 
 
Tak pelak, sejak Joko Anwar menyebut lokasi ini berada di daerah Jakarta Timur, banyak warganet yang penasaran.
 
Sebagian besar warganet lantas menduga, bangunan yang terbengkalai ini persisnya berada di daerah Kalimalang, yang hampir berbatasan dengan wilayah Bekasi. Rusun yang terbengkalai ini berada di dekat pasar di Kalimalang. 
 
Dikutip dari channel Youtube Cinemapolis, dalam videonya yang berjudul Tapak Tilas di Rusun Angker Pengabdi Setan 2, tergambar jelas suasana di dalam bangunan yang terbengkalai ini.
 
 
Bangunan yang belum sepenuhnya rampung ini memang menyeramkan. Sejak tahun 2007 pembangunan rusun ini terhenti begitu saja.
 
Meski begitu, area rusun ini tetap dijaga. Seorang penjaga bernama Slamet Syah yang turut dihadirkan dalam video unggahan Cinemapolis, sempat memberikan kesaksiannya.
 
Bahkank ketika proses syuting film itu dua tahun lalu, pernah ada kru yang pingsan. Namun Slamet tidak menjelaskan secara rinci penyebabnya.
 
 
Selain itu, Slamet juga menceritakan kejadian yang pernah dialami beberapa kru film selama syuting. Dikatakannya, suara-suara aneh terdengar masuk ke mic atau perangkat audio, yang bukan berasal dari suara pemain ataupun kru.
 
Tak hanya menceritakan apa yang didengarnya dari pengalaman para kru saat syuting film Pengabdi Setan 2: Communion, Slamet sendiri juga pernah mengalami beberapa kejadian aneh di sekitar bangunan ini selama bertugas sebagai sekuriti.
 
“Ada orang kayak maling bawa karung, saya kejar. Ternyata nggak ada,” kata Slamet.
 
 
Awalnya, ia mengira bahwa orang itu maling. Tapi sampai ia mengejar menggunakan motor, tiba-tiba orang itu menghilang begitu saja. Hal ini sempat membuatnya bingung, apalagi ketika rekannya yang ada di sekitarnya sama sekali tidak melihat sosok apapun di sana.
 
Kejadian lain juga diceritakan Slamet, dimana saat itu seorang office boy yang bekerja di kantor di sekitaran gedung ini, menjelang magrib terlihat sedang melamun di dekat salah satu tiang apartemen.
 
“Dia mungkin lagi ngambek ama istrinya. Saya ajak pergi karena udah mau magrib, tapi dia diem aja. Abis itu karena saya mau sholat, saya tinggal. Begitu balik lagi, dia udah nggak ada,” katanya.
 
 
Setelah dicari kemana-mana, bahkan sampai keluarganya ikut mencari, belakangan diketahui bahwa OB tersebut berada di lantai 7 bangunan apartemen atau rusun ini.
 
Pada saat ditemukan, OB tersebut ngamuk-ngamuk seolah kerasukan. Namun akhirnya semua dapat teratasi.
 
 
Slamet menuturkan bahwa lokasi lantai 7 itu memang yang paling seram di bangunan ini. Menurut Slamet, banyak warga yang melihat penampakkan di lantai 7 itu.
 
Bahkan pernah sekali waktu ada orang yang tiba-tiba memaksa masuk ke rusun ini. Dia langsung bicara bahwa akan ke lantai 7 karena anaknya dibawa ke lantai 7 itu. Namun Slamet akhirnya tidak mengijinkan karena tidak percaya begitu saja. ***
 
 

Editor: Yuli Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PS I Hate You Episode 4: Non Ketahuan Selingkuh!

Rabu, 10 Agustus 2022 | 17:31 WIB

Tok! Sule dan Nathalie Holscher Resmi Cerai

Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:54 WIB
X