• Rabu, 28 September 2022

Potret Diri Van Gogh Ditemukan Di Belakang Lukisan Lain

- Selasa, 19 Juli 2022 | 21:45 WIB
Lukisan Van Gogh lukisan Van Gogh yang dibuat di balik lukisan Head of a Peasant Woman.  (instagram @natgalleriessco)
Lukisan Van Gogh lukisan Van Gogh yang dibuat di balik lukisan Head of a Peasant Woman. (instagram @natgalleriessco)

HARIANTERBIT.com - Galeri Nasional Skotlandia menemukan lukisan Van Gogh yang dibuat dibalik lukisan “Head of a Peasant Woman” (Kepala Wanita Petani). Lukisan ini diyakini telah tersembunyi selama lebih dari satu abad.

 
Pada kanvas yang sama di bagian belakang gambar Kepala Wanita Petani yang dilukis Van Gogh tahun 1885 ini ternyata terdapat lukisan diri Van Gogh yang berjanggut, mengenakan topi dan syal yang longgar di lehernya. Seperti dikutip dari Sky News, 14 Juli 2022, pada bagian bawah telinga Van Gogh yang terpotong juga terlihat jelas.
 
Diyakini, Van Gogh menggunakan kembali kanvasnya untuk menghemat uang. Namun kemudian lukisan potret dirinya itu ditutupi dengan lapisan-lapisan karton demi menyertakan lukisan Kepala Wanita Petani pada sebuah pameran di awal abad ke-20.
 
 
Proses menghilangkan lem dan kardus adalah pekerjaan konservasi yang rumit, dan harus menjaga agar tidak ‘melukai’ Kepala Perempuan Petani.
 
Lukisan hasil temuan terbaru ini akan dipamerkan di Royal Scottish Academy di Edinburgh pada 30 Juli hingga 13 November mendatang. Pengunjung dapat melihat lukisan ini dalam kotak kaca khusus yang diterangi dengan sinar-x.
 
Temuan ini merupakan momen langka. Dengan demikian bertambah lagi koleksi Vincent Van Gogh yang merupakan seniman paling penting dalam seni lukis dunia.
 
 
Vincent Van Gogh merupakan pelukis kelahiran Belanda 1853 dan meninggal di Perancis pada tahun 1890. Ia merupakan salah satu pelukis yang berpengaruh dalam sejarah seni di Barat. Namun karya-karyanya justru dikenal setelah ia tiada.
 
Berbeda dari lukisan potret diri Van Gogh yang pernah dibuatnya sebelumnya, lukisan yang baru ditemukan kali ini memperlihatkan bagian telinga yang terpotong.
 
Pada tahun 1888, Van Gogh memotong kuping kirinya sendiri setelah bertengkar dengan rekannya, Gauguin. Sebelumnya Van Gogh mengalami psikosis dan kerap memiliki ilusi dan perasaan yang tidak berdasarkan logika.
 
 
Setelah memotong kupingnya sendiri, Van Gogh secara sukarela masuk ke rumah sakit jiwa di Saint-Remy pada tahun 1889. Setelah setahun di rumah sakit jiwa, ia memutuskan tinggal di dekat Paris dan dirawat oleh dokter homeopati Paul Gachet.
 
Depresinya masih berlanjut, hingga akhirnya pada 27 Juli 1890, Van Gogh menembakkan diri di bagian dadanya menggunakan pistol, dan meninggal dunia dua hari kemudian. ***
 

Editor: Yuli Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gandeng GMI Records, Al Dana Andalkan Kembalilah Sayang

Senin, 26 September 2022 | 20:41 WIB

Tagar #BlinksCyberBullying Trending, Kenapa?

Senin, 26 September 2022 | 07:06 WIB
X