• Kamis, 1 Desember 2022

Bermuatan Edukatif dan Informatif, Film Fatahillah Angkat Sejarah Indonesia

- Jumat, 24 Juni 2022 | 13:39 WIB
Pemeran utama film Fatahillah (dok)
Pemeran utama film Fatahillah (dok)

HARIANTERBIT.com - Film pesial tvOne akan kembali menyiarkan film sejarah yang berjudul “Fatahillah”. Film yang berlatar belakang sejarah Indonesia ini akan tayang pada, Minggu, 26 Juni 2022 pukul 20.00 WIB.

Film Fatahillah ditulis oleh Deddy Armand, lalu disutradarai oleh Imam Tantowi dan Chaerul Umam. Rilis pada tahun 1997 produksi film ini menghabiskan biaya mencapai Rp1,2 miliar.

Film ini mengisahkan tentang tokoh ulama yang berjuang mengusir Portugis dan kemudian mendirikan Jayakarta atau sekarang disebut sebagai Kota Jakarta. dan dibintangi oleh Igo Ilham sebagai Fatahilah.

Baca Juga: Bertolak ke Bosnia, Dwiki Dharmawan Bawakan 11 Lagu di IMMF

Fadhilah Khan yang kemudian dikenal sebagai Fatahillah atau Falatehan diperankan oleh Igo Ilham, kecewa ketika melihat negerinya, Pasai, dihancurkan Portugis. Selesai menuntut ilmu di Tanah Suci, ia lalu bergaung dengan Sultan Trenggono (diperankan oleh Abdi Wiyono) yang merupakan pemimpin Kesultanan Demak.

Fatahillah kemudian mendapat posisi terhormat sebagai ulama, ia lalu menikah dengan adik Sultan Trenggono, Ratu Pembayun (diperankan Linda Jatmika).

Setelah Ratu Pembayun meninggal, Fatahillah kemudian menikah kembali dengan Ratu Ayu (diperankan oleh Yuni Sulistyawati), janda Adipati Unus yang gugur dalam pertempuran melawan Portugis di perairan Malaka.

Baca Juga: Gandeng Peruri, PBNU Terapkan Layanan Digital Security

Portugis yang makin merajalela ingin mendirikan benteng di Sunda Kelapa lewat persekutuannya dengan Raja Pajajaran. Kesultanan Demak terpanggil melakukan perang terhadap Portugis. Fatahillah akhirnya terpilih sebagai panglima perang melawan Portugis.

Halaman:

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Soyeon (G)I-DLE dan IU Miliki Gelar Ini di MMA 2022

Rabu, 30 November 2022 | 20:19 WIB

Bikin Ngiler, Ini Menu di Pernikahan Kaesang dan Erina

Selasa, 29 November 2022 | 17:05 WIB
X