• Minggu, 3 Juli 2022

Divonis Kanker Payudara, Rima Melati Sempat Drop saat Suami Berpulang

- Kamis, 23 Juni 2022 | 19:18 WIB
Rima Melati bersama salah seorang cucu, putra dari Marisa Tumbuan.  (instagram @marisa_tumbuan)
Rima Melati bersama salah seorang cucu, putra dari Marisa Tumbuan. (instagram @marisa_tumbuan)


HARIANTERBIT.com – Meninggalnya aktris kawakan Rima Melati menyisakan kisah perjuangan yang sangat menginspirasi banyak orang. 
 
Rima Melati merupakan salah satu survivor kanker. Ia berhasil sembuh dari kanker payudara stadium akhir pada tahun 1989. Rima Melati kemudian mendirikan Yayasan Kanker Payudara Indonesia.
 
Ketika itu, Rima Melati mengaku kaget saat divonis dokter menderita kanker payudara. Saat itu, yang terlintas di benaknya adalah anak-anak dan keluarganya. 
 
 
“Saya pikir, aduh.. siapa yang mau besarkan anak-anak saya?” ucap Rima tentang pengalamannya yang ia bagikan di laman situs Yayasan Kanker Payudara Indonesia.
 
Kesembuhannya dari penyakit yang menakutkan itu, diakui Rima tidak terlepas dari dukungan anak-anak serta suaminya, Frans Tumbuan. 
 
 
Kesetiaan dan kesabaran aktor yang wafat pada tahun 2015 itulah yang membuat Rima bertahan dan berjuang melawan kanker.
 
Namun saat sang suami tercinta meninggal akibat diabetes, Rima sempat mengalami keterpurukan. “Saya menangis berlarut-larut karena ditinggal suami, dan drop sekali waktu itu,” katanya.
 
 
Beruntung, putra-putrinya terus memberinya semangat. “Anak-anak selalu meyakinkan saya bahwa suami saya sudah mendapatkan tempat di surga,” katanya.
 
Keterpurukan Rima atas kepergian sang suami itu, agaknya tak berlebihan. Semasa hidup, pasangan ini dikenal sebagai pasangan ideal dan diidolakan banyak orang karena keharmonisannya.
 
 
Lewat Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI), Rima secara aktif membantu para penyintas dan menyosialisasikan hidup sehat kepada masyarakat.
 
“Saya selalu mengatakan, kalau saya bisa sembuh, Anda pasti bisa sembuh juga. Tapi jangan lupa, ada dokter di atas segala dokter, yaitu Tuhan Yang Maha Kuasa. Mintalah dia. Berdoalah selalu setiap malam sebelum tidur. Ucapkan pula syukur kepada-Nya karena selalu menjaga kita hingga saat ini,” tulisnya di halaman pembuka dari situs yayasan ini.
 
 
Sebagai seorang penyintas, Rima juga kerap membagi kisah pengalamannya saat menderita kanker, di mana pada saat itu sebenarnya aktris berdarah Manado dengan nama asli Lintje Tambayong ini, masih aktif-aktifnya di jagad perfilman.
 
Rima Melati bahkan identik dengan pejuang kanker. Kegigihannya melawan penyakit itu telah menginspirasi banyak orang yang juga divonis penyakit yang sama. 
 
Selamat jalan Rima Melati. ***
 
 

Editor: Yuli Terbit

Tags

Terkini

Nam Joo Hyuk dan Tuduhan Bullying

Sabtu, 2 Juli 2022 | 15:11 WIB

Ngefans BTS, Cardi B Kasih Bocoran Bias-nya!

Sabtu, 2 Juli 2022 | 09:28 WIB
X