• Senin, 5 Desember 2022

5 Hal Baik Sederhana yang dianjurkan dalam islam, Bisa Diterapkan dalam Kehidupan Sehari-hari

- Rabu, 14 September 2022 | 18:01 WIB
Perbuatan baik dalam kehidupan sehari-hari (Pexels - Timur Weber)
Perbuatan baik dalam kehidupan sehari-hari (Pexels - Timur Weber)

 

HARIANTERBIT.com - Berbuat kebaikan merupakan suatu kewajiban terlebih jika kamu yang beragama islam. Yang tentu saja itu sudah menjadi kewajiban serta harus menjalankannya.

Berbuat baik kepada sesama manusia adalah ibadah yang mendatangkan pahala dan balasan yang tak terduga. Allah melipatgandakan pahala orang yang berbuat baik yang dilandasi keikhlasan untuk mendapat ridha Allah.

Perintah berbuat kebaikan juga disebutkan dalam Al-Qur'an yang berbunyi:

وَلَا تُفْسِدُوْا فِى الْاَرْضِ بَعْدَ اِصْلَاحِهَا وَادْعُوْهُ خَوْفًا وَّطَمَعًاۗ اِنَّ رَحْمَتَ اللّٰهِ قَرِيْبٌ مِّنَ الْمُحْسِنِيْنَ

Artinya: Dan janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi setelah (diciptakan) dengan baik. Berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut dan penuh harap. Sesungguhnya rahmat Allah sangat dekat kepada orang yang berbuat kebaikan (Surat Al Araf ayat 56).
 
Baca Juga: Jangan Sedih karena Kesulitan

Berbuat baik dapat dilakukan mulai dengan hal kecil dan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut lima perbuatan baik sederhana yang dianjurkan dalam islam dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari:

1. Berdoa dan Dzikir

Seseorang tidak boleh meremehkan kekuatan doa dan dzikir. Dzikir dan berdoa merupakan ibadah sunnah yang dianjurkan untuk dikerjakan setiap saat. Di dalamnya mengandung banyak kebaikan dan keutamaan. Contoh keutamaanya adalah dapat menghapus dosa bagi yang melakukannya.

Selain itu dengan mengingat Allah SWT itu dapat menghindari dari perbuatan keji dan munkar.

اتْلُ مَا أُوحِيَ إِلَيْكَ مِنَ الْكِتَابِ وَأَقِمِ الصَّلَاةَ ۖ إِنَّ الصَّلَاةَ تَنْهَىٰ عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ ۗ وَلَذِكْرُ اللَّهِ أَكْبَرُ ۗ وَاللَّهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُونَ

Artinya: Bacalah Kitab (Alquran) yang telah diwahyukan kepadamu (Muhammad) dan laksanakanlah sholat. Sesungguhnya sholat itu mencegah dari (perbuatan) keji dan mungkar. Dan (ketahuilah) mengingat Allah itu lebih besar (keutamaannya dari ibadah yang lain). Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (surat Al Ankabut ayat 45.)

2. Tersenyum

Senyum adalah perbuatan yang paling mudah. Senyum juga tergolong sebagai ibadah, apabila kita bertemu dengan orang lain atau di hadapan saudara kita maka tersenyumlah, karena dengan begitu berarti kita sudah melakukan suatu amalan yang bernilai sedekah paling ringan yang diperhitungkan oleh Allah SWT sehingga menambah pahala kita.
 
 
selain bernilai ibadah, senyum juga dapat membuat hubungan baik sesama makhluk sosial.

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

«تَبَسُّمُكَ فِي وَجْهِ أَخِيكَ لَكَ صَدَقَةٌ»
 
“Senyummu di depan saudaramu adalah sedekah bagimu” (Sahih, HR Tirmidzi no 1956).

3. Berbakti Kepada Kedua Orang Tua

Berbakti kepada kedua orang tua adalah bentuk amalan serta ibadah yang mulia. Kehidupan kita saat ini tidak lepas dari jasa-jasa oleh orang tua. Mereka menjadi orang pertama yang memperkenalkan kita pada kehidupan, merawat, mendidik, dan yang lebih utama meletakkan Islam dalam diri kita.
 
Baca Juga: 5 Adab Memasuki Masjid

Perintah untuk berbuat baik kepada kedua orang tua juga tertera dalam Alquran yang berbunyi:
۞ وَقَضٰى رَبُّكَ اَلَّا تَعْبُدُوْٓا اِلَّآ اِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ اِحْسٰنًاۗ اِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ اَحَدُهُمَآ اَوْ كِلٰهُمَا فَلَا تَقُلْ لَّهُمَآ اُفٍّ وَّلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَّهُمَا قَوْلًا كَرِيْمًا

Artinya: "Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik." (QS. Al Isra ayat 23).

4. Membuang Sampah Pada Tempatnya

Kebersihan adalah sesuatu yang harus dijaga oleh setiap manusia. Baik itu kebersihan diri maupun lingkungan. Dalam islam juga terdapat ajaran untuk mengutamakan kebersihan. Bahkan dikatakan bahwa kebersihan sebagian dari iman.
 
Baca Juga: 3 Keutamaan Dua Rakaat Sebelum Subuh, Menyesal Jika Tidak Mengerjakannya

Islam mengajarkan untuk berperilaku bersih dan mengajak untuk menyingkirkan kotoran dan sampah. At Tirmidzi dan lainnya meriwayatkan dari Sa’id bin Musayyab, Nabi bersabda:

إن الله طيب يحب الطيب، نظيف يحب النظافة، كريم يحب الكرم، جواد يحب الجود، فنظفوا أفنيتكم وساحاتكم ولا تشبهوا باليهود

“Sesungguhnya Allah itu baik dan menyukai yang baik, Allah itu bersih dan mencintai kebersihan, Allah itu Maha Pemberi dan mencintai sifat suka memberi, Allah itu Maha Pemurah dan menyukai kedermawanan. Maka bersihkanlah halaman rumahmu dan terasmu, janganlah meniru orang Yahudi”

5. Berperilaku Jujur

Allah SWT memerintahkan hambanya untuk selalu jujur kepada orang lain dan juga kepada diri sendiri. Perintah untuk berperilaku jujur tidak hanya ada di dalam Al-Quran, namun juga ada di dalam hadits Nabi Muhammad SAW. Allah SWT memerintahkan umatnya untuk selalu mengatakan kebenaran walaupun hal itu bertentangan dengan kepentingan dirinya sendiri.

Perilaku jujur merupakan sifat dari orang-orang mukmin, hal ini tertera dalam Al-Quran surat Al-Ahzab ayat 23-24 yang berbunyi,

مِنَ الْمُؤْمِنِيْنَ رِجَالٌ صَدَقُوْا مَا عَاهَدُوا اللّٰهَ عَلَيْهِ ۚ فَمِنْهُمْ مَّنْ قَضٰى نَحْبَهٗۙ وَمِنْهُمْ مَّنْ يَّنْتَظِرُ ۖوَمَا بَدَّلُوْا تَبْدِيْلًاۙ
لِيَجْزِيَ اللّٰهُ الصّٰدِقِيْنَ بِصِدْقِهِمْ وَيُعَذِّبَ الْمُنٰفِقِيْنَ اِنْ شَاۤءَ اَوْ يَتُوْبَ عَلَيْهِمْ ۗاِنَّ اللّٰهَ كَانَ غَفُوْرًا رَّحِيْمًاۚ

“Di antara orang-orang mukmin itu ada orang-orang yang menepati apa yang telah mereka janjikan kepada Allah. Dan di antara mereka ada yang gugur, dan di antara mereka ada (pula) yang menunggu-nunggu dan mereka sedikitpun tidak mengubah (janjinya),”
 
Baca Juga: Perhatikan! Hari yang Baik Untuk Memotong Kuku Menurut Islam, Jangan Sampai Sebabkan Buruknya Akhlak

“agar Allah memberikan balasan kepada orang-orang yang benar itu karena kebenarannya, dan mengazab orang munafik jika Dia kehendaki, atau menerima taubat mereka. Sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.”

Itu tadi lima perbuatan baik sederhana yang bisa dianjurkan dalam Islam dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.***
 
 

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Terkini

Menyikapi Bencana Alam

Minggu, 4 Desember 2022 | 06:23 WIB

Wara’ Sarana Mencapai Kenikmatan Beribadah

Sabtu, 3 Desember 2022 | 06:16 WIB

Percaya Diri

Jumat, 2 Desember 2022 | 06:15 WIB

Mengenal Diri Menurut Imam Al Ghazali

Sabtu, 26 November 2022 | 06:05 WIB

Berlumur Dosa

Selasa, 22 November 2022 | 06:39 WIB

Bersedih karena Dosa-dosa

Senin, 21 November 2022 | 06:51 WIB

Harta Kekayaan

Jumat, 18 November 2022 | 06:59 WIB

Mengobati Pujian dan Celaan

Rabu, 16 November 2022 | 07:31 WIB

Sesal Kemudian Tak Berguna

Rabu, 16 November 2022 | 06:23 WIB

Anak yang Berkualitas

Selasa, 15 November 2022 | 06:27 WIB

Ma’rifatullah

Senin, 7 November 2022 | 06:11 WIB

Niat dan Tata Cara Shalat Khusuf atau Shalat Gerhana

Sabtu, 5 November 2022 | 23:55 WIB

Kesedihan dan Kesenangan

Jumat, 28 Oktober 2022 | 23:10 WIB

Ibu adalah Madrasah

Rabu, 5 Oktober 2022 | 06:11 WIB

Menghalau Gelisah

Rabu, 28 September 2022 | 06:11 WIB

5 Buah yang Ada Dalam Al-Qur’an, Selain Buah Kurma

Minggu, 25 September 2022 | 14:29 WIB

Sombong dan Takabur

Jumat, 16 September 2022 | 13:29 WIB
X