#lahan

  • Program Serasi Disiapkan Garap Potensi Lahan Rawa di Lampung
    Selasa, 12 Februari 2019 - 20:39 WIB

    Program Serasi Disiapkan Garap Potensi Lahan Rawa di Lampung

    Untuk memaksimalkan potensi lahan rawa yang ada di Indonesia, Kementerian Pertanian (Kementan) canangkan program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (Serasi) untuk menambah produksi padi dan meningkatkan kesejahteraan petani. Salah satunya di Provinsi Lampung yang dinilai memiliki potensi.

  • Fokus Cetak Sawah di Lahan Rawa, Kementan Diapresiasi KTNA
    Senin, 11 Februari 2019 - 11:06 WIB

    Fokus Cetak Sawah di Lahan Rawa, Kementan Diapresiasi KTNA

    Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) menilai, langkah Kementerian Pertanian (Kementan) yang fokus cetak sawah dari lahan rawa adalah keputusan bijak. Karena mempertimbangkan siklus musim panas kedepan akan lebih panjang dan lahan rawa akan lebih tahan banting.

  • Sumsel dan Kalsel Paling Siap Dioptimalkan Lahan Rawanya
    Minggu, 10 Februari 2019 - 18:43 WIB

    Sumsel dan Kalsel Paling Siap Dioptimalkan Lahan Rawanya

    Kementerian Pertanian (Kementan) tahun 2019 ini akan mengoptimalkan lahan rawa pasang surut dan lebak seluas 500.000 hektare (ha) di enam provinsi. Dari luasan itu, Sumatera Selatan (Sumsel) dan Kalimantan Selatan (Kalsel) dinilai paling siap.

  • Cegah Alih Fungsi Lahan, Kab. Sukabumi dapat Apresiasi Kementan
    Rabu, 06 Februari 2019 - 15:49 WIB

    Cegah Alih Fungsi Lahan, Kab. Sukabumi dapat Apresiasi Kementan

    Dalam upaya mencegah terjadinya alih fungsi lahan pertanian produktif, Kabupaten Sukabumi telah mengeluarkan Perda Nomor 8 Tahun 2014 tentang perlindungan lahan pertanian berkelanjutan. Upayanya tersebut telah mendapat apresiasi dari Kementerian Pertanian.

  • Optimasi Lahan Rawa Dinilai Percepat Realisasi Kedaulatan Pangan
    Rabu, 06 Februari 2019 - 13:38 WIB

    Optimasi Lahan Rawa Dinilai Percepat Realisasi Kedaulatan Pangan

    Kinerja Kementerian Pertanian (Kementan) di bawah pemerintah Jokowi-JK yang ingin mencetak pertambahan sawah baru melalui terobosan optimasi lahan rawa menuai pujian. Salah satunya dari mantan Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Siswono Yudo Husodo.

  • Distanbun Jateng Tanggung 100% Asuransi Lahan Petani Miskin
    Kamis, 31 Januari 2019 - 10:31 WIB

    Distanbun Jateng Tanggung 100% Asuransi Lahan Petani Miskin

    Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) akan menanggung 100 persen biaya premi yang dibayarkan para pemilik Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) berkategori miskin. Kebijakan itu akan mulai diterapkan pada musim tanam (MT) tahun ini dengan sasaran luas lahan 45.000 hektare. 

  • Potensi Lahan Rawa Pasang Surut dan Lebak Sekitar 5,12 juta hektar
    Minggu, 20 Januari 2019 - 16:12 WIB

    Potensi Lahan Rawa Pasang Surut dan Lebak Sekitar 5,12 juta hektar

    Lahan rawa pasang surut dan lebak yang berpotensi untuk perluasan lahan pertanian, khususnya lahan sawah adalah sekitar 5,12 juta hektar. Dari luasan tersebut 1,19 juta hektar berada di kawasan APL (Areal Penggunaan Lain), sekitar 1,18 juta hektar di kawasan HPK (Hutan Produksi Konversi), dan 2,75 juta hektar berada di kawasan HP (Hutan Produksi).