#SriMulyani

  • SMI, LBP dan Terawan Layak Diganti
    Kamis, 02 Juli 2020 - 10:45 WIB

    SMI, LBP dan Terawan Layak Diganti

    Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies (P3S) Jerry Massie mengatakan, menteri yang harus diganti adalah Menteri Sosial Juliari Batubara, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Ekonomi, Menko Maritim dan Investasi Luhut B Panjaitan (LBP), Menteri Kesehatan Terawan A Putranto, Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah, Menteri Desa dan Daerah Tertinggal Abdul Halim Iskandar, Menhub Budi Karya dan  Menteri Keuangan Sri Mulyani Indarwati (SMI)

  • Primer Utang Indonesia
    Senin, 29 Juni 2020 - 11:57 WIB

    Primer Utang Indonesia

    Posisi (akumulasi) utang luar negeri (external debt) Indonesia sejak akhir masa Suharto terus mengalami kenaikan, terkecuali pada masa Habibie dan Gus Dur yang sempat mengalami penurunan. Pada masa Gus Dur (1999-2001), posisi utang luar negeri mengalami penurunan  sebesar USD 17,6 miliar, yang disumbang penurunan posisi pemerintah sebesar USD 6,3 miliar dan penurunan posisi swasta-BUMN sebesar USD 11,3 miliar. Yang menarik, adalah ternyata hanya dalam 5,5 tahun pemerintahan Jokowi sudah bisa mengalahkan 10 tahun pemerintahan SBY- dalam hal kenaikan posisi utang pemerintah. Artinya laju  kenaikan posisi utang luar negeri pemerintah pada era Jokowi adalah yang tertinggi dari seluruh masa sebelumnya.

  • Gede Sandra: Saya Ragukan Kemampuan Sri Mulyani
    Kamis, 18 Juni 2020 - 10:19 WIB

    Gede Sandra: Saya Ragukan Kemampuan Sri Mulyani

    Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Bambang Soesatyo berharap Menkeu Sri Mulyani dapat melakukan upaya-upaya inovasi baru untuk menyelamatkan kondisi fiskal dengan memperkecil utang luar negeri

  • Sering Koar-Koar Anti Konflik Kepentingan, Ternyata Adik Ipar Menkeu Sri Mulyani Diangkat Jadi Komisaris BUMN
    Minggu, 14 Juni 2020 - 15:05 WIB

    Sering Koar-Koar Anti Konflik Kepentingan, Ternyata Adik Ipar Menkeu Sri Mulyani Diangkat Jadi Komisaris BUMN

    Menteri Keuangan Sri Mulyani sering sekali berpidato di hadapan publik tentang pentingnya menghindari terjadinya konflik kepentingan. Seperti belum lama ini contohnya.

  • Menteri Keuangan Kita Tidak Bisa Berhitung?
    Senin, 01 Juni 2020 - 09:49 WIB

    Menteri Keuangan Kita Tidak Bisa Berhitung?

    Bila dilihat dari tingkat bunga, memang sekilas bunga pinjaman pemerintah tampak sedikit lebih murah dari bunga pinjaman Bank BUMN. Namun, bila dihitung berdasarkan total bunga yang harus dibayar hingga berakhirnya tenor, pinjaman yang didapatkan Pemerintah sangat mahal berkali hingga berpuluh kali lipat.

  • Raker Komisi XI Banjir Kritik, Menkeu Dinilai Tak Hormati Kesepakatan Politik
    Jumat, 22 Mei 2020 - 17:58 WIB

    Raker Komisi XI Banjir Kritik, Menkeu Dinilai Tak Hormati Kesepakatan Politik

    Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati berkirim surat kepada DPR RI untuk mengonsultasikan kebijakannya yang belakangan banyak dikritik kalangan legislator di Parlemen, terutama Komisi XI DPR RI.

  • Pemerintah Akan Terbitkan SBN Rp697,3 Triliun Hingga Akhir 2020
    Sabtu, 09 Mei 2020 - 08:27 WIB

    Pemerintah Akan Terbitkan SBN Rp697,3 Triliun Hingga Akhir 2020

    Pemerintah akan menerbitkan Surat Berharga Negara (SBN) senilai total Rp697,3 triliun untuk pembiayaan defisit fiskal yang rencananya dilakukan hingga akhir tahun 2020