#Freeport

  • Penerimaan Diproyeksi Turun, Freeport Tak Bagi Dividen hingga 2020
    Rabu, 09 Januari 2019 - 20:53 WIB

    Penerimaan Diproyeksi Turun, Freeport Tak Bagi Dividen hingga 2020

    PT Freeport Indonesia (PTFI) tak akan bagi dividen kepada pemegang saham, termasuk kepada pemilik mayoritasnya PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) selama dua tahun, yakni pada 2019-2020.

  • Baru Dibeli RI, Pendapatan Freeport Tahun Ini Malah Diproyeksi Anjlok
    Sabtu, 05 Januari 2019 - 21:40 WIB

    Baru Dibeli RI, Pendapatan Freeport Tahun Ini Malah Diproyeksi Anjlok

    Indonesia telah menjadi pemegang saham mayoritas dengan menguasai 51 persen saham Freeport dan Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) untuk perusahaan tambang tersebut diterbitkan

  • Kontrak Freeport II Cacat Hukum
    Selasa, 01 Januari 2019 - 08:04 WIB

    Kontrak Freeport II Cacat Hukum

    Kontrak Freefort II 1991 cacat hukum — hasil nyogok Menteri Pertambangan tahun 1991. Karena kontrak itu cacat hukum, hasil penyogokan, tidak ada lagi “Sanctity Of Contract( kesucian contract).” Tidak ada kewajiban untuk menyetujui perpanjangan kontrak Freefort 2x10 Tahun sampai 2041. Belum lagi Freefort banyak melakukan wan prestasi: kerusakan lingkungan, jadwal divestasi dan pembangunan smelter yg terus diundur, serta track record sebagai penyogok pejabat Indonesia.

  • CERI Buat Surat Terbuka Beberkan ‘Dosa’ KLHK dan PT Freeport terhadap Lingkungan
    Senin, 31 Desember 2018 - 13:10 WIB

    CERI Buat Surat Terbuka Beberkan ‘Dosa’ KLHK dan PT Freeport terhadap Lingkungan

    Center of Energy and Resources Indonesia (CERI) melayangkan surat terbuka untuk Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Siti Nurbaya Bakar. Direktur Eksekutif CERI, Yusri Usman menyatakan surat terbuka  memaparkan berbagai kerusakan lingkungan akibat aktifitas PT Freeport Indonesia (PTFI). Termasuk tentang perusakan kawasan hutan lindung oleh perusahaan pertambangan itu.

  • Pembelian Saham Diduga Janggal, DPR Harus Bentuk Pansus Freeport
    Jumat, 28 Desember 2018 - 12:54 WIB

    Pembelian Saham Diduga Janggal, DPR Harus Bentuk Pansus Freeport

    Kalangan aktivis mendukung DPR membentuk panitia khusus guna mengungkap sejumlah dugaan kejanggalan dalam proses pengambilalihan 51 persen saham Freeport oleh pemerintah. Apalagi nilai dalam pembelian saham Freeport tersebut juga terlalu mahal yakni Rp55,7 triliun.

  • Tak Perlu Bayar Rp55,7 Triliun, Indonesia Bisa Kuasai Freeport Secara Gratis
    Rabu, 26 Desember 2018 - 12:39 WIB

    Tak Perlu Bayar Rp55,7 Triliun, Indonesia Bisa Kuasai Freeport Secara Gratis

    Pemerintah melalui BUMN PT Inalum telah mengakuisisi 51% saham PT Freeport Indonesia (PTFI) US$ 3,85 miliar. Atau setara Rp55,7 triliun. Namun sejumlah kalangan mengkritik kebijakan tersebut. Dinilai kebijakan ini merugikan kepentingan nasional.

  • Divestasi Freeport Senilai Rp55,7 Triliun Rugikan Indonesia
    Selasa, 25 Desember 2018 - 22:03 WIB

    Divestasi Freeport Senilai Rp55,7 Triliun Rugikan Indonesia

    Pengamat Energi dari Energy Watch Indonesia (EWI), Ferdinand Hutahaean mengatakan, PT Inalum (Persero) yang resmi menjadi pemegang 51% saham PT Freeport Indonesia usai membayar ongkos divestasi US$ 3,85 miliar atau setara Rp55,7 triliun jelas merugikan kepentingan nasional. Apalagi pembayaran itu sama halnya dengan membeli tanah milik sendiri sehingga Indonesia tidak perlu membayar tapi Freeport yang harus membayar kepada Indonesia.