#Ekonomi

  • Bappenas Ikuti Langkah BI Pangkas Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi
    Senin, 24 Februari 2020 - 22:45 WIB

    Bappenas Ikuti Langkah BI Pangkas Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi

    Bank Indonesia (BI) sebelumnya telah merevisi pertumbuhan ekonomi 2020 menjadi lebih rendah yaitu pada kisaran 5,0 persen-5,4 persen dari sebelumnya 5,1 persen-5,5 persen. Penurunan proyeksi ini lantaran dampak dari virus corona yang menekan perekonomian global.

  • Pengamat: Pencoretan RI Sebagai Negara Berkembang Berdampak Buruk
    Minggu, 23 Februari 2020 - 23:40 WIB

    Pengamat: Pencoretan RI Sebagai Negara Berkembang Berdampak Buruk

    Pemerintah Amerika Serikat (AS) mencoret Indonesia dari daftar negara berkembang. Dengan begitu, Indonesia kini dimasukkan sebagai negara maju, sejajar dengan China, India, Brazil dan sejumlah negara lainnya. Ironisnya, keputusan ini dinilai berpotensi menimbulkan dampak negatif bagi Indonesia.

  • Terdampak Corona, Ekonomi Triwulan I-2020 Diproyeksi Tidak Sampai 5 Persen
    Kamis, 20 Februari 2020 - 19:03 WIB

    Terdampak Corona, Ekonomi Triwulan I-2020 Diproyeksi Tidak Sampai 5 Persen

    Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo memproyeksikan perekonomian pada triwulan I-2020 hanya tumbuh pada kisaran 4,9 persen, karena terdampak oleh kondisi global yang terpengaruh penyebaran wabah Virus Corona baru atau COVID-19.

  • Ekonomi RI Semester I-2020 Diprediksi Terdampak Corona
    Rabu, 19 Februari 2020 - 00:25 WIB

    Ekonomi RI Semester I-2020 Diprediksi Terdampak Corona

    Chief Economist and Investment Strategist PT Manulife Aset Manajemen Indonesia, Katarina Setiawan memprediksi dampak virus corona terhadap ekonomi nasional tidak akan lama, dan hanya dirasa pada semester I-2020, karena polanya sama seperti epidemik virus lainnya, yakni seperti SARS dan MERS. "Jadi pada kuartal

  • Pengamat: Rakyat Gelisah, Daya Beli Terus Merosot
    Selasa, 18 Februari 2020 - 10:56 WIB

    Pengamat: Rakyat Gelisah, Daya Beli Terus Merosot

    Pengamat ekonomi dari Asosiasi Ekonomi Politik Indonesia (AEPI) Salamuddin Daeng mengatakan, saat ini pemerintah tidak lagi bisa tambal sulam. Karena ada tiga urusan besar yang dihadapi Pemerintahan Jokowi. Pertama, memburuknya keuangan pemerintah. Kedua, memburuknya keuangan BUMN. Ketiga; merosotnya daya beli masyarakat

  • Dibanding Corona, Dampak Perang Dagang ke RI Lebih Mengkhawatirkan
    Senin, 17 Februari 2020 - 20:56 WIB

    Dibanding Corona, Dampak Perang Dagang ke RI Lebih Mengkhawatirkan

    perang dagang adalah perang perebutan hegemoni perdagangan antara Eropa, Amerika, dan China untuk membuktikan keunggulan dalam ekonomi. Namun Ari enggan menjabarkan secara detail ketika ditanya, apakah penyeberan virus Corona yang dialami China saat ini merupakan dampak dari perang dagang.

  • Tragis ; Pemerintah Tidak Bisa Lagi Tambal Sulam
    Senin, 17 Februari 2020 - 17:27 WIB

    Tragis ; Pemerintah Tidak Bisa Lagi Tambal Sulam

    urusan besar saat ini yang dihadapi Pemerintahan Jokowi yakni ; pertama memburuknya keuangan pemerintah, kedua ; memburuknya keuangan BUMN, ketiga; merosotnya daya beli masyarakat. Ketiga hal tersebut berada pada posisi paling buruk dalam tahun 2020.