Sinar Mas Land Berikan Bantuan Buku dan Sarana Perpustakaan Digital Dukung Budaya Literasi

Anugrah
Sinar Mas Land Berikan Bantuan Buku dan Sarana Perpustakaan Digital Dukung Budaya Literasi
Head of Corporate Social Responsibility Sinar Mas Land , Idham Muchlis (ketiga dari kiri), bersama tim CSR PT BSD menyerahkan bantuan buku dan sarana perpustakaan kepada Kepala Sekolah SMPN 7 Tangerang Selatan.

BSD City, HanTer -- Sinar Mas Land melalui PT Bumi Serpong Damai Tbk, memberikan bantuan buku dan sarana perpustakaan kepada 10 sekolah tingkat SMP dan MTs di wilayah Kabupaten dan Kota Tangerang Selatan. Bantuan tersebut merupakan salah satu bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) Bantuan Sekolah Sinar Mas Land 2018. 

Seluruh sekolah yang menerima bantuan tersebut masuk dalam kategori sekolah model yang menerapkan konsep Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM), yang diinisiasi Sinar Mas Land sejak setahun lalu, guna memberdayakan sekolah-sekolah di sekitar kawasan BSD City.  Salah satu materi GSM adalah keharusan mengembangkan budaya literasi kepada siswa-siswi.  

Sejumlah Sekolah Menengah Pertama (SMP) di sekitar BSD City, menerima bantuan buku dan sarana perpustakaan, yang merupakan bagian dari Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM), yang diinisiasi Sinar Mas Land sejak tahun 2017.

Idham Muchlis, Kepala Corporate Social Responsibility Sinar Mas Land  menjelaskan dalam siaran pers nya hari ini “Guna mendukung pengembangan budaya literasi tersebut, maka Sinar Mas Land memberikan bantuan sekolah tahun ini dalam bentuk penyediaan buku-buku dan sarana perpustakaan, yang diharapkan dapat  mendorong kecintaan pelajar  terhadap  buku dan mendorong mereka untuk gemar membaca dan menulis, hingga dapat meningkatkan kecerdasan otak,”.  

Sekolah-sekolah yang mendapatkan bantuan adalah, SMPN 7 Tangsel, SMPN 20 Tangsel, SMP Muhamadiyah Tangsel, MTS An-Nashihin Tangsel, MTS Pembangunan Nurul Islam Tangsel, MTSN 5 Tangerang, SMP Islam Manbaul Ulum Tangerang, MTS Nurul Islam Cisauk Tangerang, dan SMP Islam Nurul Falah Tangerang. 

Bantuan yang diberikan adalah perlengkapan penunjang kegiatan belajar  untuk digunakan  secara individu maupun kelompok guna mendukung pengembangan budaya literasi,​ yang diharapkan dapat  mendorong kecintaan pelajar  terhadap  buku dan gemar membaca serta menulis sehingga dapat meningkatkan kecerdasan otak.

Menurut Idham, Sinar Mas Land mengapresiasi setiap sekolah yang menerapkan konsep Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM), dengan memberikan bantuan sesuai dengan tingkat kematangan penerapan konsep GSM di masing-masing sekolah. Sekolah yang telah menerapkan konsep GSM dengan tingkat kematangan penuh, diberikan sarana perpustakaan digital seperti komputer dan modem. 

“Sedangkan untuk sekolah-sekolah lain sesuai dengan prosentase penerapannya, diberikan bantuan perpustakaan manual berupa buku pengetahuan, novel, karya sastra, rak buku, meja kursi, karpet dan kipas angin.  Pendistribusian bantuan akan dilakukan secara roadshow dengan mengunjungi sekolah-sekolah tersebut, mulai dari tanggal 29 November - 01 Desember 2018,” tambah Idham.
Berdasarkan hasil tes PISA (The Programme for International Student Assessment) yang dirilis Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) pada 2016, kemampuan membaca, berhitung dan pengetahuan sains anak-anak Indonesia berada di bawah Singapura, Vietnam, Malaysia dan Thailand. 

Melihat tingkat literasi anak-anak Indonesia yang rendah, menimbulkan keprihatinan Sinar Mas Land, karena akan menjadi masalah mendasar yang berdampak luas bagi kemajuan bangsa. Literasi rendah akan berkontribusi pada rendahnya produktivitas bangsa, yang berpengaruh langsung kepada rendahnya tingkat kesejahteraan yang ditandai dengan kemiskinan dan pengangguran. Untuk itu, Sinar Mas Land terus berkomitmen untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan nasional, diantaranya dengan meningkatkan minat membaca dan menulis pada anak-anak. 

Sebelumnya, pada tahun 2017, Sinar Mas Land melalui PT BSD Tbk telah memberikan bantuan perlengkapan penunjang kegiatan belajar kepada 1.000 pelajar taman kanak-kanak, sekolah dasar, sekolah menengah pertama, dan sekolah menengah atas, di wilayah Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan.

Bantuan yang diberikan adalah perlengkapan penunjang kegiatan belajar  untuk digunakan secara individu maupun kelompok, berupa  tas sekolah, alat tulis, serta beragam peralatan olah raga seperti tenis meja, bola voli, sepak bola, bola basket,  dan bulu tangkis. Program Bantuan Sekolah Sinar Mas Land telah dilaksanakan sejak tahun 2014