SPEx2 Award 2018: Menkominfo Serahkan Penghargaan kepada BPJS-TK

Arbi
SPEx2 Award 2018: Menkominfo Serahkan Penghargaan kepada BPJS-TK
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menyerahkan penghargaan SPEx2 Award 2018 kepada Direktur Perencanaan Strategi dan TI BPJS Ketenagakerjaan, Sumarjono, Senin (26/11/2018) malam.

Jakarta, HanTer - BPJS Ketenagakerjaan (BPJS-TK) memperoleh penghargaan dari Strategy into Performance Execution Excellence (SPEx2) kategori ‘The Best in Insurance Industry’. Penghargaan serupa pernah diterima BPJS-TK pada 2016 lalu.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menyerahkan langsung penghargaan tersebut kepada kepada Direktur Perencanaan Strategi dan Teknologi Informasi BPJS-TK, Sumarjono, di Jakarta, Senin (26/11/2018).

SPEx2 Award 2018 merupakan penghargaan tahunan yang diselenggarakan oleh Tempo Media Group dan GML Performance Consulting yang ditujukan untuk organisasi dan perusahaan yang berhasil dalam merancang strategi sekaligus mengeksekusinya sehingga memberikan hasil bisnis nilai tambah bagi stakeholder.

“Penghargaan ini adalah yang kedua kalinya sekaligus membuktikan bahwa BPJS Ketenagakerjaan sungguh-sungguh, terencana dan terukur serta berkomitmen dalam melaksanakan perlindungan bagi seluruh pekerja di Indonesia,” kata Direktur Perencanaan Strategi dan Teknologi Informasi BPJS-TK, Sumarjono, Senin (26/11/2018).

Saat ini, ungkap Sumarjono, BPJS Ketenagakerjaan terus berinovasi dalam peningkatan pelayanan kepada peserta serta upaya untuk memperluas kepesertaan, baik untuk pekerja penerima upah maupun bukan penerima upah atau informal.

Inovasi program itu diantaranya, Program Perisai, yaitu sistem keagenan untuk mengakuisisi peserta dari kalangan pekerja informal dan pelaku UMKM. Selanjutnya aplikasi BPJSTKU yang menyajikan informasi mengenai empat manfaat program BPJS Ketenagakerjaan, yakni Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian, Jaminan Hari Tua dan Jaminan Pensiun.

Pekerja juga bisa melakukan pendaftaran melalui aplikasi ini dan mendapatkan informasi tentang program, berita, serta lokasi kantor cabang dan Pusat Layanan Kecelakaan Kerja BPJS Ketenagakerjaan di seluruh Indonesia.

“Ke depan kita juga akan menggandeng beberapa perusahaan di luar negeri untuk pelayanan TKI (pekerja migran) di luar negeri,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Sumarjono juga mengucapkan terima kasih kepada para pemangku kepentingan dan mitra BPJS Ketenagakerjaan, karena tanpa dukungan positif dari semua pihak, tentunya penghargaan ini akan sulit untuk diraih. 

"Penghargaan ini menjadi penyemangat bagi kami agar ke depannya dapat terus menyelenggarakan perlindungan bagi pekerja secara lebih baik,” ungkapnya.