Tren Penjualan Rumah Terus Menurun

Abe
Tren Penjualan Rumah Terus Menurun

Jakarta, HanTer - Real Estate Indonesia (REI) menyatakan bahwa penjualan rumah terus menurun seiring dengan bergesernya prioritas konsumsi masyarakat.

"Sebetulnya kalau dari sisi daya beli tidak ada penurunan, terbukti masih banyak rumah mewah yang terjual," kata Ketua REI Jawa Tengah MR Prijanto di Solo, Sabtu (24/11/2018).

Ia mengatakan berdasarkan data dari REI, penurunan penjualan rumah di Jawa Tengah sudah terjadi dalam kurun waktu tiga tahun terakhir.

Menurut dia, untuk penjualan rumah dan apartemen di Jawa Tengah pada tahun 2016 terealisasi 11.500 unit, sedangkan di 2017 turun menjadi 8.900 unit. "Selanjutnya tahun ini hingga bulan September baru terjual 5.600 unit," katanya.

Ia mengatakan dari total penjualan ini 60 persennya merupakan rumah subsidi atau harga Rp130 juta, sedangkan sisanya merupakan hunian dengan harga Rp250 juta hingga Rp1 miliar.

Sementara itu, dikatakannya, sama dengan tahun-tahun sebelumnya, untuk tahun ini ada kenaikan harga properti, yaitu di kisaran 5 persen untuk rumah subsidi dan 10-12 persen untuk rumah menengah ke atas.

"Kondisi ini merupakan akibat dari kenaikan harga tanah dan material khususnya yang harus kami impor. Bahkan untuk kenaikannya bisa sampai 15 persen," katanya.

Ia mengatakan kenaikan harga tanah dan material tersebut juga merupakan faktor pengerek harga properti. (Ant)

#Rei   #rumah   #konsumsi