LPDB Salurkan Paket Sembako ke Pedagang Pasar Cempaka Putih

Arbi
 LPDB Salurkan Paket Sembako ke Pedagang Pasar Cempaka Putih
Direktur Utama LPDB-KUMKM, Supomo, saat menyerahkan bantuan sembako dan masker, di Kantor Koppas Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Senin (28/9/2020).

Jakarta, HanTer - Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) menyalurkan bantuan sembako dan masker kepada pedagang pasar yang tergabung dalam Koperasi Pasar (Koppas) Cempaka Putih.

Secara simbolis, bantuan paket sembako dan 1.000 masker itu diserahkan langsung Direktur Utama LPDB-KUMKM, Supomo, di Kantor Koppas Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Senin (28/9/2020). Paket sembako tersebut berupa beras 5kg, gula pasir, minyak goreng, tepung terigu, indomie, teh kemasan.

Sebagai informasi, Pasar Cempaka Putih mengalami kebakaran pada Kamis (24/9), diduga akibat korsleting listrik.  Akibat kejadian itu, ratusan ruko lapak para pedagang habis dilalap si jago merah.

"LPDB hadir karena koppas menjadi keluarga besar LPDB, di mana ada 368 anggota Koppas yang terdampak kebakaran ini. Musibah ini tidak bisa kita hindari, tapi ke depan harus ada solusi bagi pedagang ini," kata Supomo dalam kesempatan tersebut.

Supomo menyatakan, dampak Covid-19 masih dirasakan dan sekarang ditambah musibah kebakaran. Untuk itu, LPDB ingin memberikan satu solusi berupa keringanan penundaan pembayaran kepada Koppas, di mana juga harus diberikan kepada anggotanya yang terkena musibah. Penundaan pembayaran itu tidak dipungut bagi hasil dan tidak dicatat.

Relaksasi tersebut sudah diberikan sejak pandemi Covid-19 terjadi, dengan outstanding Koppas senilai Rp1,2 miliar yang ditunda selama 12 bulan sejak April lalu. Saat ini bantuan modal lanjutan sedang di data dan dihitung.

"Kami sedang menghitung bersama Koppas, secepatnya kita akan bantu lagi modal kerja yang baru (top-up). Namun ada catatan harus dibersihkan dulu dan dibangun kembali ruko-ruko pedagang oleh dinas pasar," ucapnya.

Purnomo kembali menegaskan, LPDB akan terus men-support pedagang aktivitas pasar kembali menggeliat. "Saya juga sudah bertemu dinas pasar (PD Pasar Jaya) yang akan segera membangun TPS (tempat penampungan sementara), agar kebutuhan masyarakat sekitar dan pedagang bisa berjalan kembali," tandasnya.

Sementara itu, Muhammad Yamin, PLH Divisi Regional I PD Pasar Jaya memastikan pembangunan tempat penampungan sementara bagi para pedagang segera dilakukan agar bisa kembali beraktivitas. “Layout tempat penampungan sudah ada,sekarang sedang kita lakukan validasi data pedagang yang terdampak,” ucapnya.

Yamin juga mengapresiasi bantuan yang diberikan LPDB-KUMKM guna meringankan beban para pedagang. PD Pasar Jaya, tambah dia, juga akan memberikan bantuan modal sesegera mungkin.

 

#lpdb   #koppas   #pasar   #jaya