BUMD DKI Didampingi Kemitraan Usaha Merah Putih Keluarkan Pangan Olahan Kaleng

Sammy
BUMD DKI Didampingi Kemitraan Usaha Merah Putih Keluarkan Pangan Olahan Kaleng
BUMD DKI Jakarta PD Dharma Jaya menjalin kerja sama dengan Blambangan Group, dalam mengeluarkan produk pangan olahan kemasan kaleng dengan merk DJ Food, pada Jumat (28/8/2002). Ada tiga jenis pangan yang dikeluarkan, yaitu kornet daging sapi, ikan sarden dan daging ayam.

Jakarta, HanTer - Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta PD Dharma Jaya menjalin kerja sama dengan Blambangan Group, dalam mengeluarkan produk pangan olahan kemasan kaleng dengan merk DJ Food, pada Jumat (28/8/2002). Ada tiga jenis pangan yang dikeluarkan, yaitu kornet daging sapi, ikan sarden dan daging ayam.

Sebagai Chairman Mitra Ikan Merah Putih, Mitra Unggas Merah Putih, dan Mitra Ternak Merah Putih, Wahyu Taqwa Dhie mengatakan bahwa sebagai unit kemitraan usaha dibawah bendera Blambangan Group telah dipercaya sejak awal untuk mensupervisi dan mendampingi PD Dharma Jaya dalam Pengembangan produk DJ Food tersebut.

“Blambangan Group melalui bendera Kemitraan Usaha Merah Putih telah bahu-membahu melakukan supervisi dan pendampingan terhadap lahirnya branding utama produk pangan DJ Food milik PD Dharma Jaya,” kata Wahyu di Balai Kota DKI, Jumat (28/8/2020).

Wahyu mengatakan, pendampingan itu dimulai dari desain branding, desain label hingga pemenuhan administrasi izin edar. Kata dia, semua ini tidak terlepas dari strategi praktis Direktur Utama PD Dharma Jaya, Raditya Endra Budiman yang mengoptimalkan nilai tambah bahan baku hewani, yang selama ini menjadi domain kompetensi PD Dharma Jaya.

“Jadi, bahan baku itu diolah dan dijadikan produk makanan kemasan secara siap saji dan siap santap. Tantangan tersebut akhirnya dapat diterjemahkan oleh kami dalam menghasilkan produk pangan olahan yang berkualitas,” ujar Wahyu.

Tidak hanya mengeluarkan produk pangan olahan yang berkualitas saja, kata dia, tapi sinergitas ini justru dapat meningkatkan kesejahteraan di masa mendata. Hal ini dapat terjadi melalui optimalisasi produsen dan distributor pangan, agar berpihak kepada sektor UMKM di bidang peternakan, perunggasan, dan perikanan.

“Kini produk-produk DJ Food akan memasuki pasar dan diharapkan dapat diterima masyarakat. Oleh karenanya tidaklah berlebihan apabila produk tersebut dapat memeriahkan khasanah kompetisi produk kemasan kaleng di Indonesia,” imbuhnya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengapresiasi kerja sama PD Dharma Jaya dengan Blambangan Group yang mampu menghasilkan pangan olahan berkualitas. Kata dia, produk baru olahan itu dapat meningkatkan daya konsumsi protein di masyarakat.

Terutama bagi anak-anak yang sangat membutuhkan kandungan protein saat tumbuh kembangnya. “Kita paham sekali terutama untuk anak-anak usia muda, kebutuhan atas protein itu terasa kurang dan seringkali bermasalah,” kata Anies di Balai Kota DKI pada Jumat (28/8/2020).

Anies yakin, keberadaan pangan kemasan siap saji ini bisa memenuhi kebutuhan masyarakat. Soalnya unsur yang ada di kandungan makanannya tidak hanya protein saja, tapi karbohidrat.

Dalam kesempatan itu, Anies juga memuji sepak terjang PD Dharma Jaya yang mau meluaskan jangkauannya. Selama ini, PD Dharma Jaya hanya fokus pada bisnis hewan potong saja, namun sekarang jenis usahanya bertambah menjadi pangan olahan dalam kemasan kaleng.

“Saya berharap menjadi nilai tambah baru bagi peningkatan kualitas produk PD Dharma Jaya dan bisa menjadi inspirasi bagi BUMD lain dalam melahirkan inovasi di masa depan,” ungkapnya.