Chatbot TISA Bantu Penyandang Disabilitas, Angkie Yudistia: Semua Bisa Akses Informasi

Romi
Chatbot TISA Bantu Penyandang Disabilitas, Angkie Yudistia: Semua Bisa Akses Informasi
Angkie Yudistia (tengah berhijab)/ Rom

Jakarta, HanTer -  Keterbatasan bukan menjadi halangan untuk berkreasi atau melakukan kegiatan positif. Pasti ada saja jalan keluar yang bakal dikerjakan dengan memanfaatkan teknologi saat ini.

Seperti dilakukan Thisable Enterprise bersama dengan Kata.ai dan PT Metrodata Electronics Tbk (Metrodata) yang meluncurkan TISA, sebuah sistem informasi digital terbaru yang dibekali teknologi artificial intelligence (AI). 

Tentunya, Chatbot ini berfungsi untuk membantu para disabilitas dalam mengakses informasi mengenai ekosistem yang inklusif.

“Sejauh ini Tisa ada untuk membantu menjawab pertanyaan disabiitas, Chatbot ini terintegrasi dengan aplikasi WhatsApp dan didukung dengan teknologi kecerdasan artifisial untuk memberikan Iayanan yang mudah diakses dan pengalaman digital terbaik bagi teman-teman disabilitas,” kata Head of Business Development Disable, Thisable Enterprise Nicky Clara, di Jakarta, Rabu (26/8/2020).

Ditambahkan Clara, TISA ditujukan untuk membantu para penyadang disabilitas terpenuhi hak informasinya sebagai bentuk kesetaraan manusia.

“Informasi yang akan didapat adalah seputar pekerjaan, pendaftaraan kerja, pelatihan, layanan pengaduan disabilitas, serta program-program Thisable Iainnya,” jelasnya.

Sedangkan, Reynir Fauzan selaku CMO dan Co-Founder Kata.ai menyampaikan bahwa TISA juga telah ditanamkan teknologi natural language processing (NLP). Adanya Chatbot TISA ini diharapkan akan menjadi wajah virtual yang mempresentasikan Thisable kepada para stakeholders untuk terciptanya ekosistem yang inklusif.

“Kehadiran kami tentu untuk membantu teman-teman yang berkebutuhan khusus dalam meningkatkan Iiterasi digital dan juga produktivitas kerja mereka. Kami berharap inisiasi ini akan membawa dampak sosial maupun perekonomian yang baik untuk Indonesia, khususnya di era kenormalan baru ini,” katanya.

Sementara, Staf Khusus Presiden Bidang Sosial, Angkie Yudistia yang juga sebagai pendiri Thisable Enterprise ini menuturkan bahwa TISA akan menjadi sahabat baru bagi orang berkebutuhan khusus.

“Semua bisa mengakses informasi, komunikasi melalui teknologi yang ada. Apalagi, kita punya sahabat baru dengan teknologi, kita ini banyak mendapat pertanyaan (dari penyandang disabilitas), informasi yang ditanya itu banyak, seperti ada lowongan kerja ngga. Jadi Thisable ini berawal dari satu admin yang mendapatkan terus pertanyaan, admin kewalahan. Maka hadirlah Kata.ai dan Metrodata yang menghadirkan solusi,” katanya.

#Chatbot   #TISA   #Disabilitas   #