Rizal Ramli: Maaf, Gak Ada Menteri Yang Bisa Membalikan Keadaan dari Krisis Ekonomi

Alee
Rizal Ramli: Maaf, Gak Ada Menteri Yang Bisa Membalikan Keadaan dari Krisis Ekonomi

Jakarta, HanTer - Ekonom senior Rizal Ramli menyampaikan jika resesi yang dialami oleh Singapura dapat berdampak ke Indonesia. Bahkan, Rizal menyebut jika Indonesia sudah masuk jurang resesi.

"Ini kita sudah resesi, daya beli nggak ada, pengangguran naik, karena banyak PHK, krisis kesehatan, ya resesi lah. Resesi itu definisinya pertumbuhannya negatif. Kuartal ini negatif, kuartal depan juga bakal negatif," kata ekonom senior Rizal Ramli dalam diskusi yang digelar secara virtual, Kamis (16/7/2020).

Menurutnya, Indonesia bisa keluar dari jurang resesi. Namun dia tidak melihat adanya kemampuan yang dimiliki oleh Menteri Kabinet saat ini.

“Apakah kita bisa keluar dari krisis ini? Bisa. Wong waktu saya masuk dulu bisa -3%, nggak susah-susah amat. Tapi ada nggak personil kabinet sekarang yang punya track record membalikkan situasi, dari ekonomi biasa, digenjot jadi tinggi atau dari negatif jadi positif? Mohon maaf, nggak ada,” tegas Rizal.

Mantan Menko Kemaritiman itu mengatakan, pemerintahan Presiden Joko Widodo saat ini tidak memiliki menteri yang mempunyai track record dapat membalikkan keadaan (turn around) dari situasi krisis. 

"Ironis pemerintah sekarang tidak punya menteri-menteri yang punya track record membalikkan (turn around) situasi krisis secara makro maupun korporasi. Yang ada track record bikin skandal keuangan seperti Bank Century, dll," ujarnya.