Rizal Ramli: Indonesia Sudah Masuk dalam Resesi Ekonomi

Alee
Rizal Ramli: Indonesia Sudah Masuk dalam Resesi Ekonomi

Jakarta, HanTer - Singapura resmi masuk dalam jurang resesi, bagaimana dengan Indonesia? “Ekonomi Indonesia sudah masuk jurang resesi. Sebab meski belum keluar data pertumbuhan ekonomi di kuartal III-2020 data-data penunjang sudah menunjukkan penurunan yang sangat tajam.

 

"Ini kita sudah resesi, daya beli nggak ada, pengangguran naik, karena banyak PHK, krisis kesehatan, ya resesi lah. Resesi itu definisinya pertumbuhannya negatif. Kuartal ini negatif, kuartal depan juga bakal negatif," kata ekonom senior Rizal Ramli dalam diskusi yang digelar secara virtual, Kamis (16/7/2020).

 

Menko Perekonomian Presiden Gus Dur ini tak menampik jika Covid-19 menjadi penyebabnya, walau sebelum adanya wabah tersebut, Perekonomian Indonesia sudah bermasalah.

 

"Sekarang pertanyaannya, adakah di Pemerintahan Jokowi, ada yang bisa mengembalikan situasi ini (krisis)? Mohon maaf, saya bilang tidak ada," kata mantan Menko Perekonomian tersebut.

 

Sebelumnya, pengamat ekonomi dari Pergerakan Kedaulatan Rakyat (PKR) Gede Sandra mengemukakan, menjelang wabah covid-19, perekonomian Indonesia sudah buruk. Apalagi saat Covid! Maka akan makin jeblok. Buktinya Menkeu RI  sudah proyeksi pertumbuhan ekonomi ke depan akan minus 3,5%- minus 5,1%.

 

“Defisit transaksi berjalan Indonesia merupakan yang terburuk di Asia Tenggara saat itu. Bunga yield surat utang juga yang tertinggi di kawasan, artinya biaya uang di Indonesia yang paling mahal. Makin maju negara, makin rendah bunganya, bukan makin tinggi.  Jangan terbolak-balik dong logikanya,” ujar Gede kepada Harian Terbit, Rabu (15/7/2020).