Teten Masduki: UMKM Bisa Naik Kelas Melalui Apindo UMKM Academy

Ant
Teten Masduki: UMKM Bisa Naik Kelas Melalui Apindo UMKM Academy

Jakarta, HanTer - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menginginkan agar UMKM bisa naik kelas melalui wadah Apindo UMKM Academy yang diinisiasi oleh Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) sebagai sarana belajar bagi UMKM mengembangkan usahanya.

“Saya mengapresiasi dan menyambut setinggi-tingginya Apindo UMKM Academy yang bisa memberikan manfaat banyak bagi UMKM untuk mencari jalan keluar dari berbagai masalahnya saat ini,” kata Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki saat meresmikan acara Apindo UMKM Academy secara virtual, Rabu.

Teten selama ini menyadari bahwa untuk bisa berkembang UMKM harus memiliki kemitraan yang baik dengan usaha besar sebagai sarana transfer pengalaman dan teknologi termasuk untuk mendapatkan bimbingan dalam mengembangkan usaha.

Oleh karena itu Teten mengapresiasi pembentukan Apindo UMKM Academy sebagai wadah untuk bisa meningkatkan pendampingan bagi UMKM dengan ekosistem pendukung termasuk pembiayaan hingga teknologi.

“Seluruh ekosistem yang memungkinkan UMKM bisa tumbuh berkembang dan naik kelas. Saya berterima kasih dan apresiasi tinggi,” katanya.

Ke depan Teten menekankan pentingnya kemitraan antara UMKM dengan usaha besar sebab selama ini UMKM yang bisa berkembang adalah mereka yang bermitra dengan usaha besar sehingga perlu ada linkage dengan usaha besar.

Lebih lanjut Teten mengatakan bahwa pada 1998 UMKM menjadi penyelamat pahlawan ekonomi bangsa, namun saat ini UMKM terpukul dari sisi permintaan dan pasokan. Tetapi pemerintah meyakini UMKM sebagai pelaku usaha mayoritas, jika berhasil dibenahi maka setidaknya bisa menjadi langkah untuk mengurangi laju angka kemiskinan dan pengangguran agar tidak terlalu dalam.

#UMKM   #ekonomi   #teten   #menkop