Jokowi Instruksikan K/L Percepat Realisasi Belanja

Ant
Jokowi Instruksikan K/L Percepat Realisasi Belanja
Presiden Jokowi. (Ist)

Jakarta, HanTer - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Kementerian dan Lembaga (K/L) untuk mempercepat realisasi anggaran agar mampu menggerakkan sektor-sektor perekonomian. Hal ini di tengah ancaman ketidakpastian ekonomi eksternal akibat meluasnya wabah virus corona.

"Membelanjakan anggaran-anggaran yang ada di setiap kementerian seawal mungkin akan jadi sebuah pengungkit bagi meredupnya ekonomi global yang sedang tidak bersahabat karena adanya serangan virus corona," Jokowi dalam sidang kabinet paripurna di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (11/2/2020).

Jokowi memberikan tenggat waktu sebelum bulan Februari 2020 berakhir, seluruh K/L sudah mengakselerasi pencairan anggaran. Jokowi memberi contoh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang sudah mencairkan anggaran untuk membangun infrastruktur kanal air di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pada awal Februari 2020 ini.

Kemudian juga Kementerian Sosial yang sudah mencairkan bantuan sosial Program Keluarga Harapan di awal kuartal I 2020 ini. "Saya juga berharap dana desa bisa langsung segera direalisasikan sehingga desa-desa mendapat pengungkit daya beli dan konsumsi masyarakatnya akan tak terganggu," ujar Jokowi.