Gerak Cepat Pertamina Bantu Korban Banjir Diapresiasi

Akbar
Gerak Cepat Pertamina Bantu Korban Banjir Diapresiasi
Pertamina Group memberikan bantuan kepada korban banjir di DKI Jakarta dan sekitarnya. (Foto dok pertamina)

Jakarta, HanTer - Gerak cepat dan kepedulian PT Pertamina (Persero) membantu masyarakat di wilayah Jakarta, Bekasi,  Banten dan sejumlah wilayah lainnya yang terkena dampak banjir di awal tahun 2020 mendapat apresiasi. 

“Saya kira ini langkah yang bagus dari Pertamina dan BUMN lain atas keperdulian mereka terhadap korban banjir. Kita patut apresiasi langkah tersebut dengan baik dan ini membuktikan bahwa Pertamina dan BUMN lain program CSR mereka berjalan maksimal serta mereka masih perduli terhadap kondisi lingkungan sekita,” kata pengamat energi yang Direktur Eksekutif Energy Watch dari Energy Watch, Mamit Setiwan kepada Harian Terbit, Sabtu (11/1/2020).

Apresiasi juga disampaikan Kirman, warga Jatiasih Bekasi yang rumahnya kebanjiran 2 meter. “Terima kasih untuk Pertamina yang sudah membantu penderitaan kami,” ujarnya.

Atas apresiasi ini Direktur Sumber Daya Manusia PT Pertamina Koeshartanto menyampaikan terima kasih atas apresiasi yangdiberikan.

“Saya juga mengucapan terima kasih yang se­besar-besarnya kepada seluruh jajaran tim peduli Pertamina yang sudah meluangkan waktunya untuk berkorban demi masyarakat banyak. Sehingga bantuan untuk korban banjir berjalan dengan baik,” ujar Koeshartanto.

Menurut Koes, panggilan akrab Koeshartanto, insan Pertamina tak hanya berkomitmen  menyediakan sumber-sumber energi bagi kemaslahatan masyarakat, namun juga harus mampu menjadi energinya sendiri bagi masyarakat termasuk menjadi energi ketika masyarakat mendapatkan musibah dan sebagainya.

“Sehinga energi untuk tetap menjadikan survive dalam menghadapi musibah insyaallah menjadikan energy of survival,” paparnya.

Seperti diketahui, Pertamina dan sejumlah anak-anak usahanya langsung memberikan bantuan ke sejumlah lokasi. Diantaranya adalah PT Pertamina Lubricants yang menyerahkan bantuan kepada korban banjir yang mengungsi di Stadion Tugu Selatan, Jakarta Utara. Bantuan yang diberikan berupa mie instan, air minum kemasan, roti, susu, tisu basah, dan tisu kering.

"Kami turut prihatin dengan bencana banjir yang menimpa saudara-saudara kami di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Kami telah menyalurkan bantuan makanan dan kebutuhan yang sangat mendesak di lokasi pengungsian," kata Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman di Jakarta, Kamis (2/1/2020).

Sementara anak usaha lainnya, lanjut Fajriyah, seperti PT Pertamina Gas (Pertagas) bekerjasama dengan lembaga sosial juga menyalurkan bantuan untuk korban bencana banjir di beberapa posko.

Sebanyak 1.852 kemasan makanan siap santap disalurkan oleh 30 relawan lembaga sosial yang bekerjasama dengan Pertagas.

Selain itu, menurutnya, dilansir Kontan.co.id, Pertamina juga terus melakukan survei dan koordinasi untuk memantau kondisi di wilayah TBBM Plumpang di Kelurahan Sukapura, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara.

"Penyerahan bantuan terus dilakukan termasuk untuk wilayah sekitar Terminal BBM, yakni Kelurahan Sukapura rencana penyaluran bantuan akan dilakukan siang ini dengan menyerahkan kebutuhan bahan makanan dan logistik dapur umum," tambahnya.

Pertamina telah menyediakan sejumlah logistik di antaranya 2 buah Tenda Pleton berukuran 6x14 meter, 6 buah Tenda Serbaguna berukutan 6x12 meter, 2 buah Tenda Dapur Umum berukuran 4x6m dan bantuan logistik lainnya. Logistik tersebut akan disalurkan sesuai dengan kebutuhan berdasarkan kordinasi dengan pihak berwenang.

Bantuan Kesehatan

Sementara untuk melayani masyarakat yang mengalami gangguan kesehatan pasca banjir, Pertamina menerjunkan tim medis dari PT Pertamedika IHC untuk memeriksa kesehatan masyarakat terdampak banjir yang tinggal di sekitar Kelurahan Kapuk Muara dan Kamal Muara. Bersinergi dengan tim medis Puskesmas Kecamatan Penjaringan, tim medis Pertamina memberikan pelayanan di Posko Kapuk Muara.

Untuk menangani kendaraan terdampak banjir, Pertamina dengan didukung anak usahanya, PT Pertamina Lubricants, membuka posko pelayanan ganti oli, khususnya di Kelurahan Semper, Cilincing Jakarta Utara. Hingga Sabtu, (4/1/2020), Pertamina membuka tiga titik layanan ganti oli yakni Bengkel yang terletak di Production Unit Jakarta-Plumpang, Enduro Express Matahari Motor Semper dan Lubecare di Kantor Kelurahan Semper Barat.

Sulawesi Utara

PT Pertamina melalui Marketing Operation Region (MOR) VII juga menyalurkan bantuan untuk korban banjir dan longsor di wilayah Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara.

Total bantuan yang diberikan Pertamina senilai Rp 50 juta yang disalurkan dalam bentuk sembako, makanan cepat saji, popok bayi, pembalut wanita, peralatan mandi, dan alat kebersihan. Selain itu, Pertamina juga memberikan bantuan berupa minyak tanah sebanyak 400 liter untuk keperluan kegiatan memasak di dapur umum. 

General Manager PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) VII, Chairul Alfian Adin mengatakan bantuan dalam program Pertamina Peduli ini merupakan kontribusi nyata Pertamina yang selalu hadir untuk meringankan beban korban bencana di Tanah Air.

"Semoga bantuan ini diterima dengan baik dan dapat bermanfaat bagi para korban," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (9/1/2020).