Tak Patuhi Larangan, Izin Eksportir Nikel Bakal Dicabut

Arbi
Tak Patuhi Larangan, Izin Eksportir Nikel Bakal Dicabut
ilustrasi. (ist)

Jakarta, HanTer - Menteri Perdagangan (Mendag), Agus Suparmanto mengatakan bahwa pihaknya siap untuk memberi sanksi berupa pencabutan izin kepada para eksportir yang tetap mengekspor nikel selama masa evaluasi berlangsung.

“Di rapat Menko sudah diputuskan akan hold semua, eksportir melanggar kita akan cabut karena menghambat nilai-nilai sumber daya alam RI,” katanya di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Rabu (30/10/2019).

Menurut Agus nikel merupakan sumber daya alam yang potensial dikembangkan sehingga diharapkan dapat diturunkan menjadi produk lain yang kemudian lebih bernilai tinggi untuk diekspor.

“Eksportir diseleksi dengan catatan harus membangun smelter dengan progres yang telah ditentukan. Kita harapkan bahan finish product yang bisa diturunkan ke produk lain,” ujarnya.

Ia melanjutkan, pihaknya akan berkoordinasi dengan aparat penegak hukum sehingga dapat diketahui mengenai data para pelaku pelanggaran atau eksportir nakal. “Pelanggaran kan akan dikoordinasikan dengan aparat yang telah ditentukan, apabila ada laporan dan temuan kita akan cabut,” ujarnya, dilansir dari Antara.

#nikel   #mendag   #bkpm