Target 20 Juta Wisatawan, Bandara Adi Sutjipto Perlahan ke YIA Kulon Progo

Akbar
Target 20 Juta Wisatawan, Bandara Adi Sutjipto Perlahan ke YIA Kulon Progo
Bandara Yogyakarta Internasional Airport

Jakarta, HanTer - Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Polana B Pramesti mengatakan hadirnya Bandara Yogyakarta Internasional Airport sangat mendukung Joglo Semar (Jogyakarta, Solo dan Semarang yang merupakan 1 dari 10 destinasi wisata setelah Bali.

Sebagai destinasi wisata Bali Baru di Jawa Tengah kini akan menjadi kenyataan karena bandara YIA mentargetkan tiap tahun bisa mendatangkan 20 ribu wisatawan berkunjung ke Jogyakarta dan Jawa Tengah lainnya,” cerita dirjen.

''Badara YIA di Kulonprogo meskipun pembangunannya baru sekitar 60 persen tapi kapasitas penumpangnya sudah bisa mencapai 14 juta penumpang,” jelas Polana saat membuka lokakarya wartawan Perhungan Jumat (5/7/2019).

Saat ini bandara Adi Sucipto di Yogyakarta, sudah tidak memungkinkan lagi dikembangkan dan sudah melebihi kapasitas tersedia.

‘'Nantinya operasional bandara Adi Sucipto  secara bertahap akan dikembalikan untuk kepentingan latihan militer dan seluruh penerbangan sipil akan pindah dilayani melalui bandara Yogyakarta internasional airport di Kulonprogo,” cerita Polandia.

Sementara itu Direktur Utama PT Angkasa Pura  Faik Fahmi menambahkan pembangunan bandara YIA Kulonprogo ditargetkan rampung pada Desember 2019.

“YIA nantinya akan menjadi salah satu bandara terbesar di Indonesia dengan kapasitas penumpangnya mencapai 14 juta orang pertahun atau delapan kali lipat dibanding kapasitas Bandara Adi Sucipto Yogyakarta yang hanya sebesar 1,7 juta penumpang per tahun.

Secara bertahap penerbangan di Adi Sutjipto akan dipindahkan ke YIA yang saat ini sudah melayani penerbangan  Citilink dan Lion Group.

Menurut Faik ada beberapa maskapai internasional sudah mulai sonding untuk terbang ke Kulonprogo sebab Joglo punya potensi besar dalam menggaet wisatawan domestik dan manca negara