Jokowi Effect, Rupiah Kembali Tekan Dollar AS Dekati Rp.13.000

LTG
Jokowi Effect, Rupiah Kembali Tekan Dollar AS Dekati Rp.13.000
ilustrasi

Sesi perdagangan pagi awal pekan ini terpantau telah kembali diwarnai dengan gerak menguat nilai tukar mata yuang Rupiah terhadap Dolar AS. Serangkaian sentimen terkini  di pasar global sesungguhnya masih belum terlalu beranjak dan masih cenderung negatif, namun gerak nilai tukar Rupiah mampu untuk berkukuh menginjak zona positif.

Gerak naik nilai tukar Rupiah juga terjadi di tengah masih bervariasinya gerak nilai tukar mata uang Asia. Penguatan Rupiah yang cukup meyakinkan di sesi awal pagi pekan ini terlihat lebih mencerminkan akibat Jokowi Efek, di mana pada sesi perdagangan Kamis pekas lalu sempat menyentuh kisaran Rp13.990-an per Dolar AS, Seperti di kutip dari bizlaw.id.

Sementara pada pantauan terkini menunjukkan, Rupiah yang ditransaksikan di kisaran Rp14.012 per Dolar AS atau menguat 0,2% dibanding posisi penutupan sesi perdagangan hari sebelumnya. Gerak menguat Rupiah terlihat sendirian di pasar Asia kali ini.  Sentimen Jokowi Efek nampaknya masih akan berlanjut dalam beberapa hari dan bahkan pekan sesi perdagangan ke depan, mengingat hasil perhitungan suara secara resmi oleh Komisi Pemilihan Umum baru akan selesai pada sesi 22 Mei mendatang

Gerak penguatan Rupiah kali ini juga terjadi di tengah masih minimnya sentimen yang melingkupi pasar valuta Asia. Sebagaimana diwartakan sebelumnya, sentimen dari bom pPaskah di Sri Lanka masih akan menjadi perhatian investor di tengah minimnya agenda rilis data penting perekonomian terkini hingga sesi perdagangan Selasa besok (23/4).

Dengan masih berkepanjangannya sentimen jokowi Efek, Rupiah diyakini akan semakin mampu untuk kembali dengan lebih mantap  menginjak kisaran Rp13.000-an. Sementara dalam tinjauan teknikal sebelumnya telah disebutkan, Rupiah yang kini telah berada di tren penguatan jangka menengah, di mana secara teknikal mengindikasikan peluang besar bagi Rupiah untuk terus menguat.

Untuk sekedar memperbarui analisis terkini, berikut disajikan kembali grafik harian terkini Rupiah beserta sejumlah  indikator teknikalnya:    

Pantauan terkini juga menunjukkan, selurh mata uang Asia yang masih bergulat di zona merah dalam  mengawali sesi perdagangan pagi awal pekan ini. Mata uang Dolar Singapura, Dolar Hong Kong, serta Baht Thailand terlihat  seragam menginjak zona pelemahan terbatas.

#rupiah   #kurs   #dollar