BPJS-TK Menara Jamsostek Lindungi 20 Ribu Driver Ojek Daring

Arbi
BPJS-TK Menara Jamsostek Lindungi 20 Ribu Driver Ojek Daring
Suasana sosialisasi pentingnya jaminan sosial tenaga kerja kepada driver Grab Bike.

Jakarta, HanTer - BPJS Ketenagakerjaan terus memperluas cakupan layanan kepesertaannya pada masyarakat, tak terkecuali di sektor pekerja informal seperti para pengemudi ojek daring atau online.

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Jakarta Menara Jamsostek, Agoes Masrawi menuturkan, ojek daring termasuk salah satu profesi pekerjaan dengan risiko pekerjaan yang tinggi. Apalagi, para driver ojek ini bertanggung jawab atas risiko pekerjaannya sendiri-sendiri.

Menurut dia, dengan berbagai keterbatasan dan risiko pekerjaan yang tinggi tersebut, pengemudi ojek online membutuhkan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan, baik dari risiko kecelakaan kerja hingga kematian.

Hingga saat ini, tambah Agoes, BPJS Ketenagakerjaan Cabang Jakarta Menara Jamsostek telah melindungi 20 ribu driver Grab Bike yang tercatat sebagai peserta untuk dua program perlindungan, yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKm).

“Setiap pekerja, apalagi dengan risiko pekerjaan yang tinggi seperti pengemudi ojek online ini membutuhkan perlindungan sosial ketenagakerjaan. Perlindungan tersebut telah diamanatkan negara dan undang-undang untuk dijalankan BPJS Ketenagakerjaan,” kata Agoes Masrawi, Agoes Masrawi, dalam keterangannya saat sosialisasi pentingnya jaminan sosial tenaga kerja kepada driver Grab Bike, di Jakarta, Rabu (27/2/2019).

Agoes juga menerangkan empat program perlindungan yang dikelola BPJS Ketenagakerjaan termasuk manfaat yang diterima pekerja atau peserta yang telah mendaftarkan diri. Empat program itu, yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKm), Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pensiun (JP).

Sedangkan, manfaat yang bisa diterima peserta seperti program Co-Marketing. Program ini merupakan program kerja sama promosi maupun penjualan produk dengan peserta BPJS Ketenagakerjaan, melalui pemanfaatan media digital marketing dan business directory BPJS Ketenagakerjaan.

Dalam program ini, peserta BPJS Ketengakerjaan bisa mendapatkan potongan harga atau diskon di merchant atau tenant yang telah bekerja sama, seperti misalnya diskon hotel, belanja, tiket transportasi, layanan jasa.