Pertamina Raih Untung Rp20 Triliun

Oni
Pertamina Raih Untung Rp20 Triliun

Jakarta, HanTer - Presiden Joko Widodo berencana memanggil Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati, terkait adanya isu monopoli avtur yang ditenggarai mempengaruhi tarif tiket pesawat.

Hal itu disampaikan Jokowi usai menghadiri acara makan malam bersama Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Senin (11/2/2019) malam.

"Pilihannya hanya satu, harga (avtur) sama dengan harga internasional atau dua, kalau tidak bisa berarti akan masukkan kompetitor lain sehingga terjadi kompetisi," kata Presiden Jokowi.

Menurut Presiden, monopoli membuat harga avtur menjadi tidak kompetitif. Harganya, menurut Presiden, terpaut 30% dari harga avtur di negara lain.

"Itu yang harus dibenahi sehingga kalau harga sama dengan negara lain, ada yang namanya daya saing, competitiveness. Kalau ini diterus-teruskan pengaruhnya ke harga tiket pesawat, karena harga avtur itu menyangkut 40% dari cost yang ada di tiket pesawat," ucap Presiden seperti dilansir bisnis.com.

Kendati begitu, Presiden menyampaikan jika perusahaan minyak dan gas milik negara itu untung sebesar Rp20 triliun.

"Pertamina kemarin laporan lisan kepada saya untungnya sudah di atas Rp20 triliun kok," ujar Presiden.

Presiden Jokowi tidak menjelaskan keuntungan itu diperoleh pada tahun berapa. Namun, seperti yang diketahui, Pertamina belum mengumumkan laporan keuangan untuk kinerja sepanjang tahun 2018. Pada semester I/2018, laba salah satu BUMN terbesar di Indonesia itu mencapai Rp5 triliun.