Kini, Daftar dan Bayar Iur BPJS Ketenagakerjaan Bisa via Cermati

Arbi
Kini, Daftar dan Bayar Iur BPJS Ketenagakerjaan Bisa via Cermati
Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, E. Ilyas Lubis bersama dengan Direktur Cermati.com, Andhy Koesnanda usai usai menandatangani perjanjian kerja sama di Jakarta, Senin (28/1/2019). (Ist)

Jakarta, HanTer - BPJS Ketenagakerjaan menggandeng cermati.com, startup e-commerce di bidang teknologi keuangan, dalam upayanya memperluas cakupan layanan kepesertaan bagi masyarakat.

Dalam kerjasama kedua lembaga ini, masyarakat kini bisa melakukan pendaftaran kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan termasuk pembayaran iuran melalui kanal platform yang disediakan oleh cermati.com. Hal itu tertuang dalam perjanjian kerjasama antara BPJS Ketenagakerjaan dengan cermati.com, yang ditandatangi di Jakarta, Senin (28/1/2019).

“Melalui kerjasama ini nantinya masyarakat semakin dimudahkan dengan banyaknya layanan tersedia untuk memfasilitasi proses pendaftaran dan pembayaran iuran BPJS Ketengakaerjaan,” ungkap Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, E. Ilyas Lubis dalam kesempatan tersebut. Turut hadir Cotta Sembiring Deputi Direktur Bidang Perluasan Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, Chief Business Officer Cermati.com Carlo Gandasubrata dan   Andhy Koesnandar Direktur Cermati.com.

Tidak hanya itu, sambung dia, pihaknya juga berharap kerjasama tersebut dalam memperluas cakupan kepesertaan baik di kalangan pekerja penerima upah (PPU) maupun bukan penerima upah (BPU) atau pekerja informal.

Dimana pada tahun 2019 ini, kata Ilyas, pihaknya menargetkan dapat merekrut 21 juta peserta baru. Jika target ini tercapai, maka total kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan diakhir 2019 bisa mencapai 71 juta peserta, dibandingkan capaian 2018 sebanyak 50,5 juta peserta dengan peserta aktif 30,5 juta.

“Kami bangga bisa bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan untuk mendukung program pemerintah dalam meningkatkan awareness pentingnya program asuransi sosial, keanggotaan serta penggunaan program perlindungan yang disediakan oleh BPJS Ketenagakerjaan untuk seluruh masyarakat Indonesia,” ungkap Direktur Cermati.com, Andhy Koesnanda, ditempat yang sama.

Menurut dia, di era serba digital saat ini, pendaftaran dan pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaan tak lagi ribet karena bisa dilakukan secara online dan real time melalui platform cermati.com. “Keunggulan layanan ini adalah pendaftaran bisa dilakukan dari ponsel pintar (smartphone) dengan waktu kurang dari lima menit saja,” katanya.

Caranya, ungkap dia, cukup mudah, yakni mengisi data diri sesuai identitas KTP, pilih jenis pekerjaan, jumlah penghasilan serta kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan, serta pilihan paket dan periode program BPJS Ketenagakerjaan yang dikehendaki.

Jika semua telah rampung dan peserta melakukan pembayaran iuran, maka pekerja tersebut telah terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Pada sistem ini pula terdapat fitur reminder sebagai pengingat pembayaran iuran tiap bulannya.

Program yang dapat diikuti oleh peserta BPU ini antara lain Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKm), dan sebagai opsi tambahan juga tersedia program Jaminan Hari Tua (JHT) serta disediakan pula ruang simulasi perhitungan iurannya.

“Bisa trasfer via rekening pada dasarnya semua bank bisa, tetapi kalau mau gratis biaya transfer bisa melalui bank-bank yang resmi kerja sama dengan kami antara lain Bank Mandiri, BRI, dan BCA,” ucapnya.

 

#BPJS   #Cermati   #daftar