Saatnya Pertamina Bangun Storage dengan Modal Swasta

Safari
Saatnya Pertamina Bangun Storage dengan Modal Swasta

Jakarta, HanTer - Pengamat enerji  Sofyano Zakaria mengatakan, sudah saatnya PT Pertamina dan anak perusahaannya membangun storage atau tempat penyimpanan BBM dan elpiji secara merata di seluruh daerah di Indonesia.

Namun, Dikretur PUSKEPI ini mengmengemukakan, pembangunan storage tersebut bisa menggunakan seratus persen dana pihak swasta dengan pola Build Operate and Transfeer (BOT).

“Pola ini bisa sangat menguntungkan Pertamina terutama untuk memperkuat ketahanan stock BBM dan elpiji. Hal ini sekaligus memperkuat ketahanan enerji nasional maupun daerah,” ujar Sofyano.

Adanya TBBM dan Depo elpiji akan sangat menguntungkan Pertamina karena ketika disaat harga BBM dan Elpiji dunia sedang murah, Pertamina bisa membeli dalam jumlah besar dan menyimpannya di TBBM dan Depo depo elpiji yang dibangun dengan modal swasta itu. 

Sedangkan pola BOT sangat diminati pihak swasta, yang sudah bisa dibuktikan, salah satunya, pembangunan depo elpiji Lombok .

Dia mengemukakan, keberadaan TBBM dan Depo elpiji di daerah- daerah, khususnya daerah yang jauh dari depo yang sudah ada, tentu  akan sangat mengntungkan penekanan biaya distribusi Pertamina. 

“Keputusan untuk membangun TBBM dan Depo Elpiji dengan pola BOT adalah cara cerdas bagi Pertamina yang akhirnya bisa memiliki asset tanpa mengeluarkan biaya. Harusnya ini bisa di wujudkan,” kata Sofyano di Jakarta, Senin (28/1/2019).