Pagar Tinggi Bakal Dibangun di Jalan Jatibaru Raya Untuk Tertibkan Pejalan Kaki

sammy
Pagar Tinggi Bakal Dibangun di Jalan Jatibaru Raya Untuk Tertibkan Pejalan Kaki

Jakarta, HanTer - Pagar berukuran tinggi bakal dibangun di Jalan Jatibaru Raya, Tanah Abang, Jakarta Pusat oleh Pemkot setempat. Tujuannya untuk menertibkan pejalan kaki. Wakil Walikota Jakarta Pusat, Irwandi, menyayangkan perilaku warga yang masih menyeberang dan melompati MCB yang berfungsi sebagai pembatas antara jalur bus dan jalur umum.

"Sudah ada MCB (Movable Concrete Barier) tetapi mudah diloncati orang, akan dipagarin tinggi biar orang enggak loncat," ujar Irwandi di Jakarta, Kamis (10/1/2019).

Menurutnya bila tidak dibangun pagar tinggi kemacetan di sekitar Tanah Abang takkan pernah teratasi mengingat Pemerintah DKI telah membangun Jembatan Penyeberangan Multiguna (JPM) Tanah Abang demi mengatur lalu lintas dan pedagang kaki lima yang sebelumnya semrawut.

Pejalan kaki dinilai lebih memilih untuk menyeberang jalan karena lebih praktis dibanding harus naik ke atas jembatan, namun Irwandi tidak mengizinkan hal tersebut karena melanggar peraturan.

"Enggak boleh (melompati MCB), harus disiplin. Nanti angkot susah jalan disitu, bus Transjakarta dan Jak lingko lewat situ juga," ujarnya.

JPM Tanah Abang menampung 446 PKL dan membangun moda transportasi umum terintegrasi dalam Jak Lingko yang melibatkan bus Transjakarta, kereta rel listrik, dan mikrobus. Kelak akan terintegrasi dengan Ratangga dan Light Rail Transit (LRT) Jakarta.

Meski belum bisa merincikan rencana pembangunan pagar tinggi itu, Pemkot Jakpus memastikan akan melakukannya sesegera mungkin.

"Segera dibangun," tukas Irwandi.