PKS-Gerindra Sepakati Februari 2019 Wagub Sudah Ada

Boy Sadikin Diusulkan Dampingi Anies

Harian Terbit/Sammy
Boy Sadikin Diusulkan Dampingi Anies
Boy Sadikin dan Anies Baswedan

Jakarta, HanTer -- Pasca berbulan-bulan berpolemik, PKS dan Gerindra akhirnya sepakat pemilihan wakil gubernur DKI akan dibawa ke rapat paripurna DPRD DKI Jakarta pada Februari mendatang. 

Ketua DPW PKS DKI Jakarta, Syakir Purnomo, mengatakan, sebelum digelar pemilihan wagub, terdapat beberapa tahapan yang harus dilewati. Diantaranya, rapat koordinasi pelakaanaan fit and proper test pertama terhadap tiga kandidat yang diujukan PKS akan digelar Senin (14/1/2019) di Hotel Aryadhuta, Jakarta Pusat, pukul 19.00WIB. 

Ia menerangkan, dalam rapat itu nantinya menghadirkan Pakar Kebijakan Publik dari Universitas Indonesia (UI) Eko Prasojo dan Pengamat Politik dari Universitas Negeri Jakartra (UNJ) Ubedilah Badrun.

Sementara Gerindra DKI mengajukan dua nama anggota tim fit and proper test, yakni peneliti senior Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro dan Wakil Ketua DPD Partai Gerindra DKI Syarif. 

"Alhamdulillah PKS dan sahabat kami dari Partai Gerindra yang diwakil oleh Wakil Ketua DPD Partai Gerindra DKI pak Syarif dan Pak Ahmad Sulhy sudah menyepakati beberapa hal yang terkait jadwal rapat koordinasi dan pelaksanaan fit and proper test bagi tiga kandidat calon wagub DKI dari PKS yaitu Agung Yulianto, Ahmad Syaikhu dan Abdurrahman Suhaimi," kata Syakir di Jakarta, Kamis (10/1/2019).

Menurut Syakir, rapat koordinasi empat pemateri ini untuk menyamakan mekanisme tentang konten uji kepatutan dan kelayakan wagub DKI. "Kami optimistis pemilihan wagub DKI dari PKS akan mulus. Bahwa ada pro dan kotra di masyarakat itu biasa saja dalam dunia politik. Kami tidak panik kok," ujar Syakir. 

"Setelah rapat koordinasi pertama, lalu disepakati waktu fit and proper test pada tanggal 20 Januari, disepakati pelaksanaan fit and proper test, untuk memutuskan dua kandidat, dan pada 25 Januari  akan diserahkan kepada Gubernur DKI Anies Baswedan. Lalu tahapan berikutnya diproses secara politik dibawa ke rapat paripurna DPRD DKI," sambungnya. 

Sementara itu, Wakil Ketua DPD Gerindra DKI Syarif menegaskan, telah disepakati adanya jadwal waktu untuk mempercepat proses pemilihan Wagub DKI yang sudah ditunggu-tunggu masyarakat. 

Lebih lanjut Syarif mengatakan, Gerindra dan PKS bulat dan sepakat bahwa sebelum Februari wakil gubernur DKI yang baru sudah terpilih.

Boy Sadikin

Disisi lain, PKS dan Partai Gerindra diusulkan memilih Boy Bernadi Sadikin sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta mendampingi Gubernur Anies.

"Kita ingin wagub yang bisa membantu Pak Anies membenahi Jakarta. Makanya Hanura meminta PKS dan Gerindra untuk mencari wagub alternatif yang dapat bekerja dengan track record yang baik, serta dapat diterima oleh seluruh fraksi di DPRD. Nama yang pas adalah Boy Sadikin," kata Anggota Fraksi Partai Hanura DPRD DKI Jakarta, Muhammad Guntur di Gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Kamis (10/1/2019).

Guntur menilai, sosok Boy Sadikin dipastikan bisa bekerjasama dengan Anies maupun anggota DPRD DKI.

"Boy Sadikin dapat menjadi cawagub alternatif, mengingat kepiawaian beliau dalam dunia politik serta rekam jejak kariernya yang jauh dari hingar bingar kasus dugaan korupsi," ujar Guntur.