Rizal Ramli, Buah Hati dan Fikir Serta Aksi Bangsa Indonesia

***
Rizal Ramli, Buah Hati dan Fikir Serta Aksi Bangsa Indonesia
Rizal Ramli

Oleh: Dr. KH. M. Iqbal Kilwo

Ketokohan Doktor Rizal Ramli bukan hanya nyata, tetapi sangat super spesial. RR demikian dia dipanggil dapat dikatakan sebagai ketokohan yang sangat luas dan mendalam serta terintegrasi dari segala keperluan mendasar rakyat serta keberlangsungan hidup berbangsa dan bernegara.

Beberapa catatan faktual dalam mengikuti perjalanan hidup dan kejuangan Rizal Ramli, yang penulis teliti dari rekam jejak sebagai berikut;  

1. Ketokohan yang asli/ orisinil sebab terbina, tumbuh dan berkembang sejak masa kanak kanak, remaja dan mahasiswa.

2. Ketokohan yang lahir secara natural sejak usia sekolah. Bukan karbitan ditengah jalan.

3. Ketokohan yang memiliki empathy yang sangat mendalam kepada rakyat dan bangsa. Tidak peduli dengan jabatan jika sudah menyangkut kepentingangan rakyat, mau berkorban kedudukan dan turun ke jalan memimpin unjuk rasa.

4. Ketokohan yang sangat gagah perkasa  menghadapi gelombang ujian dalam perjuangan menegakkan keadilan dan kepentingan rakyat.

5. Ketokohan yang paling banyak memiliki jabatan dan pengalaman dalam pemerintahan.

6. Ketokohan yang paling sempurna dalam menguasai permasalahan utama bangsa serta terobosan yang praktis, efisien dan nyata. Baik masalah ekonomi, politik, pendidikan, birokrasi, strategi, keadilan, kebhinekaan, kebangsaan, sejarah dan keistimewaan masing masing daerah.

7. Ketokohan yang memiliki sistim Leadership Operational Capacity yang tangguh sehingga bukan hanya mampu mengawal sistim birokrasi dan mengurangi kasus korupsi tapi bahkan membasmi bakteria yang merusak sistim birokrasi dan menghancurkan kuman kuman korupsi. 

8. Ketokohan yang sangat rapat dengan ummat Islam Indonesia secara keseluruhan dan berimbang. Masyarakat Muslim Indonesia dapat dipetakkan dalam tiga kelompok besar yang mewakili Nahdatul Ulama, Muhammadiyah dan Gontor, yaitu yang nukan NU dan bukan Muhammadiyah, tetapi Muhammad NU.

Dr. Rizal Ramli sangat dekat dengan ketiganya, ketika bersama Muhammadiyah, RR adalah Muhammadiyah. ketika bersama NU, RR di akui sebagai Gus Romli. ketika dengan Gontor, RR diakui sebagai alumni kehormatan/keluarga besar Gontor, seperti yang nyatakan oleh pimpinan Gontor KH. Hasan Abdullah Sahal. Ketokohan RR adalah dambaan dan cita cita para pendiri Gontor dalam usaha mencetak generasi anak bangsa.

9. Ketokohan yang memiliki hubungan yang baik dengan semua pejabat negara (Yudikatif, Legislatif, Eksekutif) baik Militer dan Sipil, tokoh bangsa, para mantan Presiden dan Wakil, termasuk dengan Tokoh lintas agama, lintas aktivis.

10. Ketokohan yang bersih dari virus kasus, korupsi dan wabah jabatan lainnya.

11. Ketokohan yang hidupnya untuk rakyat dan bangsa, sehingga  selalu aktif dalam memberi nasihat, pikiran, teguran, solusi, informasi, edukasi dan kritikan kepada Penyelenggara negara, pemerintahan. Baik saat di dalam sistim maupun  ketika berada di luar sistim.

12. Ketokohan yang punya pengalaman luas, kapasitas yang luar biasa, integritas yang tinggi, berkelas dunia. Pernah sebagai Penasehat ahli ekonomi PBB bersama pemegang Nobel lainnya, dan penasihat ahli berbagai negara yang membutuhkan.

13. Ketokohan yang mengetahui permasalahan bangsa Indonesia secara detail dan mempunyai konsep yang matang dan profesional, untuk mengintegrasikan semua kepentingan bangsa dan punya konsep yang jitu untuk memajukan Indonesia dengan pertumbuhan yang tinggi.

Jika membawa kesemua point diatas kedalam literatur Islam. Terutama yang terkait dengan objektif agama serta strategi syariah, maka sangat jelas. Kesemua ciri ciri ketokohan yang unggul dan utama yang dimiliki oleh DR Rizal Ramli di atas adalah ciri ciri khas atau syarat syarat utama kepemimpinan dalam Islam.

Sesuai judul artikel singkat ini, faktual bahwa Rizal Ramli adalah Tokoh Bangsa, Hati Nurani dan Nawacita Bangsa Indonesia 

Kuala Lumpur, 1 Maret 2020

*) Alumni Gontor dan Al Azhar Kairo.