Pelayanan Kesehatan dan Keadilan Sosial

- Sabtu, 26 November 2022 | 20:11 WIB
Zaenal Abidin.
Zaenal Abidin.

Oleh: Zaenal Abidin

Aristoteles mengatakan, “Keadilan merupakan kebajikan yang lengkap dalam arti seutuhnya, karena keadilan bukanlah nilai yang seharusnya dimiliki dan berhenti para tarap memilikinya bagi diri sendiri, melainkan merupakan pelaksanaan aktif dalam arti harus diwujudkan dalam relasi dengan orang lain.”

Pelayanan kesehatan sebagai salah satu kebajikan seharusnya mengikuti pandangan Aristoteles tersebut. Pelayanan kesehatan pun seharusnya tidak boleh berhenti oleh suatu disparitas atau karena sebab apa pun. Sebab bila berhenti maka itu dapat berarti kita sedang menciptakan jalan menuju ketidakadilan.

Prinsip keadilan

Dua prinsip keadilan paling mendasar tersebut: a). Prinsip kebebasan yang sama sebesar-besarnya (principle of greatest equal liberty). Menurut prinsip ini setiap orang mempunyai hak yang sama atas seluruh keuntungan masyarakat. Orang tidak dihalangi untuk mencari keuntungan pribadi asalkan kegiatan itu tetap menguntungkan semua pihak; b).

Prinsip ketidaksamaan, yang menyatakan bahwa situasi perbedaan (sosial ekonomi) harus diberikan aturan sedemikian rupa sehingga paling menguntungkan golongan masyarakat yang paling lemah (paling tidak mendapat peluang untuk mencapai prospek kesejahteraan, pendapatan, dan otoritas).

Prinsip ketidaksamaan ini sesungguhnya merupakan gabungan dari dua prinsip, yaitu prinsip perbedaan (defference principle) dan prinsip persamaan yang adil atas kesempatan (the principle of fair equality of opportunity).

Berdasarkan pendapat Rawls, dapat disimpulkan bahwa ada tiga prinsip keadilan, yakni: (1) kebebasan yang sama sebesar-besarnya, (2) perbedaan, dan (3) persamaan yang adil atas kesempatan.

Dalam pelaksanaanya, tidak semua prinsip-prinsip keadilan Rawls ini dapat diwujudkan secara berasamaan, sebab dapat saja prinsip-prinsip tersebut berbenturan satu dengan lainnya. Untuk itu, Rawls menganjurkan adanya prioritas-prioritas.

Halaman:

Editor: Arbi Terbit

Tags

Terkini

Tiga Serangkai Angkatan Baru Penulis Muda Indonesia

Jumat, 27 Januari 2023 | 16:49 WIB

PMN dan Kepemilikan Saham Publik di BUMN

Selasa, 3 Januari 2023 | 12:05 WIB

Satria Piningit, Di Mana Kau Berada

Rabu, 28 Desember 2022 | 10:33 WIB

Keniscayaan untuk Gus Yaqut

Rabu, 21 Desember 2022 | 06:31 WIB

Messi atau Deschamps, Now or Never

Minggu, 18 Desember 2022 | 17:34 WIB

Teroris Konstitusi dan Republik Rasa Kerajaan

Senin, 12 Desember 2022 | 11:41 WIB

Titipan dan Saran Visioner

Sabtu, 10 Desember 2022 | 20:27 WIB

Transformasi Perpustakaan Berbasis InklusiĀ 

Senin, 28 November 2022 | 16:00 WIB

Pelayanan Kesehatan dan Keadilan Sosial

Sabtu, 26 November 2022 | 20:11 WIB

Ini Benar-benar Potret Wajah Kita

Jumat, 25 November 2022 | 18:51 WIB
X