Mahasiswa- Pemuda Harus Bekali Diri Hantarkan Indonesia Songsong Era Keadilan

- Senin, 7 November 2022 | 12:23 WIB

Orasi Kebangsaan dr. Ali Mahsun ATMO, M. Biomed


Marilah kita selalu mensyukuri anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa Allah SWT. Hanya atas kehendak dan ridho-NYa, pada Sabtu 5 November 2022, di tempat bersejarah, di tempat para pemuda Indonesia memutuskan menculik Soekarno untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia, Gedung Joeang 45 Jakarta, kita masih diberi kesempatan untuk bersilaturahim.

Silaturahim dengan maksud dan tujuan ingin membangun kebersamaan, memperkokoh persatuan dan kesatuan, saling mendukung dan gotong royong, serta membangun sinergi dan kolaborasi antar alumni Badan Eksekutif Mahasiswa, Alumni Dewan Mahasiswa, Alumni Senat Mahasiswa, serta Badan Eksekutif Mahasiswa dari 3.957 Perguruan Tinggi se-Indonesia dengan kelompok dan komponen bangsa yang lain guna mewujudkan cita-cita besar negeri ini, rakyat sejahtera berkeadikan, dan masyarakat adil dan makmur yang dirihoi Gusti Alloh.

Jauh Dari Cita-cita

Saya selaku dokter memiliki sebuah fakta-fakta dan realitas perjalanan bangsa ini. Dimana 94 tahun Sumpah Pemuda 28 Oktober 2022, 77 tahun Indonesia merdeka, dan 24 tahun reformasi 1998. Tentunya kami punya catatan.

Pertama, 77 tahun republik ini merdeka namun yang terjadi semakin jauh dari cita-cita besar bangsa ini. Bangsa yang besar dan terkuat di dunia, 750 suku bangsa bersatu membangun bangsa ini semakin hari semakin mengkerdil dan semakin tidak bermartabat. Dan hari ini tiga pilar utama kedaulatan negeri ini sudah tidak di pangkuan Ibu Pertiwi, yaitu lembaga keuangan, teknologi informasi, dan conected transportation system.

Kedua, 77 tahun Indonesia merdeka, keadilan semakin meredup dan kesenjangan semakin meluas. Bahkan 24 tahun reformasi 1998 menghadirkan makin maraknya praktek-praktek monopoli dan oligopoli ekonomi yang kasat mata menyebabkan rakyat kita semakin hari semakin sengsara, ekonomi bangsa kita semakin hari semakin tidak berdaulat.

Ketiga, lima bulan terakhir sebagian besar sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara kita ambruk seketika. Kasus Sambo gate, Kanjuruan Malang gate, dan Teddy Minahasa gate telah merobohkan pilar Kepolisian RI. Yang semestinya Presiden Joko Widodo sebagai Kepala Negara dan Pemerintahan RI harus merombak secara totalitas kepemimpinan Kepolisian RI. Ini harus saya sampaikan karena tahun 2024 Indonesia menghadapi momentum besar Pemilu RI. Tatkala Kepolisian RI sudah ambruk kepercayaan rakyat maka jalan satu-satunya Presiden Jokowi harus merombak secara totalitas kepemimpinan Kepolisian RI.

Kita masih ingat Rektor Universitas Lampung ditangkap tangan oleh KPK. Perguruan tinggi sebagai tempat menggodok kepemimpinan di negeri ini, kepemimpinan yang berakhlak, ksatria dan sejati ternyata roboh dengan kasus Rektor Unila gate yang kita saksikan bersama. Kita juga tidak pernah lupa apa yang disampaikan Menkopolhukam Mahfud MD beberapa waktu lalu, ada LE Kasino gate Rp550 miliar yang dilakukan oleh seorang Gubernur di negeri ini. Demikian pula, kasus Hakim Agung Gate telah merobohkan pilar terakhir keadilan di negeri ini.

Saya mendiagnosis dengan adanya fakta-fakta yang ada di negeri ini yang merobohkan pilar-pilar kehidupan berbangsa dan bernegara kita bahwa 24 tahun reformasi 1998 umurnya sudah terlalu tua.

Halaman:

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Terkini

Tiga Serangkai Angkatan Baru Penulis Muda Indonesia

Jumat, 27 Januari 2023 | 16:49 WIB

PMN dan Kepemilikan Saham Publik di BUMN

Selasa, 3 Januari 2023 | 12:05 WIB

Satria Piningit, Di Mana Kau Berada

Rabu, 28 Desember 2022 | 10:33 WIB

Keniscayaan untuk Gus Yaqut

Rabu, 21 Desember 2022 | 06:31 WIB

Messi atau Deschamps, Now or Never

Minggu, 18 Desember 2022 | 17:34 WIB

Teroris Konstitusi dan Republik Rasa Kerajaan

Senin, 12 Desember 2022 | 11:41 WIB

Titipan dan Saran Visioner

Sabtu, 10 Desember 2022 | 20:27 WIB

Transformasi Perpustakaan Berbasis InklusiĀ 

Senin, 28 November 2022 | 16:00 WIB

Pelayanan Kesehatan dan Keadilan Sosial

Sabtu, 26 November 2022 | 20:11 WIB

Ini Benar-benar Potret Wajah Kita

Jumat, 25 November 2022 | 18:51 WIB
X