Sah Menjadi WNI, Shayne Pattynama Mengaku Sedih dan Berhutang Budi Sepanjang Hidupnya Kepada Iwan Bule

- Selasa, 24 Januari 2023 | 22:03 WIB
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dan Shayne Elian Jay Pattynama
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dan Shayne Elian Jay Pattynama

HARIANTERBIT.COM - Shayne Elian Jay Pattynama sudah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) setelah diambil sumpah janji setia pewarganegaraan Republik Indonesia di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta, Selasa (24/1/2023) sore dan dirinya mengaku berhutang budi sepanjang hidupnya kepada Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan yang akrab disapa Iwan Bule itu.

Meski demikian, kepada awak media usai menjadi WNI, Shayne Pattynama mengaku sedih setelah mengetahui jika sosok Iwan Bule yang selama ini meyakinkannya untuk mengubah kewarganegaraan itu bakal tidak ada lagi di organisasi PSSI pasca KLB tanggal 16 Februari mendatang. "Saya sangat sedih mengetahui hal itu," ucap Shayne Pattynama kepada awak media.

Shayne Pattynama yang kini tercatat sebagai pemain Eliteserien Viking FK di Liga Norwegia berusia 24 tahun itu pun menyebut jika Iwan Bule itu telah menganggapnya sebagai anak sendiri.

"Saya diperlakukan seperti anaknya sendiri oleh pak Iwan Bule, mulai dari pertama kali berinteraksi bahkan saya sering ditelpon olehnya. 'Shayne, kita tak sabar menyambut kedatanganmu di Indonesia. Kalau di Indonesia, saya ini sebagai ayah bagi kamu," tutur Shayne mengutip perkataan Iwan Bule.

Meskipun tak lagi menjadi Ketua Umum PSSI lagi nantinya, Shayne menegaskan jika sosok Iwan Bule tetap menjadi ayah baginya, karena dia merasa berhutang budi sepanjang hidupnya.

Menurut pemain yang beroperasi di lini belakang kelahiran Lelystad, Belanda itu, karena atas sumbangsih Iwan Bule lah dirinya bisa menjadi WNI. "Saya sangat bersyukur atas perhatian dirinya kepada saya. Dia sangat membantu saya dalam proses naturalisasi ini. Tanpa beliau, tak mungkin ini bisa terjadi. Seluruh hidup saya berhutang budi kepadanya," pungkas Shayne.

Sementara itu, Iwan Bule selaku Ketua Umum PSSI periode 2019-2023 itu pun tak menyangkal pernyataan Shayne Pattynama. Mantan Kapolda Metro Jaya itu pun menyebut jika Shayne sudah dianggapnya sebagai anaknya sendiri. "Sekarang, saya Iwan Bule sebagai ayahmu," ucapnya di depan awak media.

Dua hari kedepan, Iwan Bule menyebut jika Shayne Pattynama akan kembali ke Norwegia untuk kembali memperkuat Eliteserien Viking FK. Oleh karena itu, pada Rabu (25/1/2023), Iwan Bule akan mengurus anak dari Henry Eliza Juriaan Pattynama itu untuk memiliki KTP dan paspor Indonesia.

"Besok kita akan mengurus KTP dan paspor Indonesia untuknya, karena dua hari kedepan dirinya harus kembali ke Norwegia untuk kembali memperkuat klubnya, kita harapkan cepat selesai sehingga PSSI akan langsung bersurat ke FIFA agar Shayne bisa bergabung pada Timnas Indonesia," ucap Iwan Bule.

Halaman:

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Arema FC Resmi Berpisah dengan Javier Roca

Selasa, 7 Februari 2023 | 12:35 WIB

Real Madrid Minus Benzema di Piala Dunia Antarklub

Selasa, 7 Februari 2023 | 06:37 WIB

David de Gea Optimis Soal Kontraknya di Old Trafford

Senin, 6 Februari 2023 | 12:50 WIB

Aubameyang Dirumorkan Merapat ke Milan

Senin, 6 Februari 2023 | 11:05 WIB

Inter 1-0 Milan, Nerazzurri Dominasi Derby

Senin, 6 Februari 2023 | 10:40 WIB
X