Gagal Juara Grup A, Timnas Pulang dari Filipina Tidak Pakai Pesawat Carter Lagi

- Rabu, 4 Januari 2023 | 02:00 WIB
Timnas Indonesia saat berada di ruang tunggu Bandara Ninoy Aquino, Manila, Filipina
Timnas Indonesia saat berada di ruang tunggu Bandara Ninoy Aquino, Manila, Filipina

HARIANTERBIT.COM - Timnas Indonesia gagal meraih predikat juara Grup A Piala AFF 2022 setelah hanya menang tipis 2-1 dilaga terakhir babak penyisihan grup saat menghadapi Filipina yang berlangsung di Rizal Memorial Stadium, Senin (2/1/22023) lalu.

Dua gol Skuad Garuda dicetak oleh Dendy Sulistyawan pada menit ke 21 dan Marselino Ferdinand di menit ke 43. Sedangkan gol semata wayang tuan rumah dicetak oleh Jens Rasmussen di menit ke 83.

Ternyata, imbas dari gagalnya menjadi juara Grup A, membuat anak asuh Shin Tae-yong itu pulang dari Manila dengan menggunakan pesawat komersil, tidak seperti biasanya yang menggunakan pesawat carteran.

Seperti diketaui, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan telah menyiapkan tim ini dengan dukungan yang sangat maksimal, seperti lokasi training camp dan penginapan yang representatif di Bali, hotel Fairmont bintang lima di Jakarta, hingga pesawat carter pergi pulang saat melakukan laga tandang melawan Brunei Darussalam di Malaysia, serta keberangkatan ke Filipina.

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI yang biasa disapa Iwan Bule itu mengatakan bahwa fasilitas yang diberikan semata-mata agar Timnas Indonesia merasa nyaman serta fokus menjalankan segenap pertandingan, sehingga gelar juara AFF untuk pertama kalinya mampu diraih, setelah enam kali menjadi finalis.

Penampilan Skuad Garuda pada turnamen AFF kali ini memang bisa dikatakan bagus, dimana Fachruddin Aryanto cs., belum terkalahkan dari empat laga yang dilakoninya melalui hasil tiga kali menang, yakni dari Kamboja (2-1), Brunie (7-0) dan Filipina (2-1), serta ditahan imbang 1-1 oleh Thailand.

Namun hasil tersebut ternyata belum bisa memuaskan pelatih Shin Tae-yong, yang disebutnya banyak peluang dari anak asuhnya namun masih sedikit yang menjadi gol. Rasa tak puas itu sampaikannya saat konferensi pers pasca laga menghadapi Filipina lalu. "Untuk pertandingan hari ini (melawan Filipina-Red) saya sangat tidak puas dan membuat saya tidak senang," ucap Shin Tae-yong dalam konferensi pers usai laga.

Ketidakpuasan pelatih asal Korea Selatan itu terhadap hasil dari laga menghadapi Filipina disebut mirip ketika Indonesia menghadapi Kamboja pada laga pertama yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, beberapa waktu lalu, dimana kala itu terdapat empat peluang yang sempurna namun tak bisa membuatnya menjadi gol.

"Setiap selesai pertandingan saya selalu menegaskan agar selalu bisa mencetak gol ketika kita mendapatkan peluang yang baik, apalagi ketika performa semakin baik. Pada laga kali ini pun sama ada beberapa peluang yang baik tapi tak bisa dimanfaatkan dengan baik," tutur Shin Tae-yong.

"Memang namanya sepakbola harus cetak gol agar bisa dapat hasil yang baik tapi penampilan baik tapi tidak bisa banyak cetak gol dibanding peluang yang kita dapat, jadi saya tersinggung," tambahnya.

Apa yang diungkapkan pelatih asal Korea Selatan itu memang beralasan, terlebih Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan telah memberikan yang terbaik untuk kesiapan Timnas Indonesia di turnamen Piala AFF 2022 ini, sehingga menurutnya patut dibalas dengan juara pada ajang ini.

"Dukungan penuh dan istimewa kami rasakan dari Pak Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan. Kami sangat berterima kasih sudah diberikan dukungan seperti ini, apalagi diberikan fasilitas pesawat carter saat laga tandang, sehingga kami bisa mempersiapkan diri berlaga di turnamen AFF 2022 ini dengan baik, sehingga pemain harus bisa balas budi Pak Mochamad Iriawan dengan juara," ucap Shin Tae-yong.

Timnas Indonesia yang menumpangi maskapai Philippines Airlines itu sampai dengan selamat di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (4/1/2023) sekitar pukul 00.45 WIB dini hari dan langsung menuju hotel Fairmont, Senayan, Jakarta.

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

UEFA Selidiki Dugaan Suap Wasit oleh Barcelona

Jumat, 24 Maret 2023 | 12:15 WIB
X