Sosok Iwan Bule di Mata Pemain Internasional Jelang Piala AFF 2022

- Kamis, 8 Desember 2022 | 21:58 WIB
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan saat menyambangi TC TImnas Senior jelang bergulirnya Piala AFF 2022
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan saat menyambangi TC TImnas Senior jelang bergulirnya Piala AFF 2022


HARIANTERBIT.COM - Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menyambangi lokasi Training Camp (TC) Timnas Indonesia di Bali jelang menghadapi turnamen Piala AFF yang akan dimulai pada 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023 mendatang, dimana Timnas Indonesia berada dalam Grup A bersama juara bertahan Thailand, Filipina, Kamboja dan Brunei Darussalam.

Kedatangan orang nomor satu di persepakbolaan Indonesia itu ke lokasi TC sejak Rabu (7/12/2022) lalu itu, guna memastikan kesiapan serta kematangan para punggawa Merah Putih dalam mengikuti turnamen dua tahunan tersebut.

Tak hanya sekadar memantau, pria yang terkenal dengan sebutan Iwan Bule itu juga memberikan motivasi kepada skuad Shin Tae-yong, sehingga menambah motivasi untuk membuat sejarah dengan merebut Piala AFF untuk pertama kalinya, setelah hanya mampu menorehkan predikat enam kali runner-up.

Kehadiran Ketua Umum PSSI yang akrab disapa Iwan Bule itu disambut antusias oleh para pemain Timnas Senior, bahkan pemain Internasional seperti Witan Sulaeman yang kini berstatus sebagai pemain FK AS Trencin di Slovakia itu menyebut kehadiran Iwan Bule jadi penyemangat bagi dirinya bahkan rekan satu timnya di Timnas Senior.

"Kehadiran pak Iwan Bule menambah semangat kita dalam berlatih, karena perhatian dia sangat luar biasa dalam mengurus sepakbola, khususnya Timnas, dimana semua kebutuhan dipenuhi olehnya," ucap Witan Sulaeman.

Lebih lanjut, pemain sayap jebolan SKO Ragunan itu juga menilai jika sosok Iwan Bule sangat total mengurus persepakbolaan nasional melalui sentuhan-sentuhan ke bapak-annya kepada segenap pemain.

"Dia sangat peduli dan bisa membuat nyaman hati para pemain. Pendekatan ke bapak-annya terhadap pemain sangat terasa bagi kami, menanyakan kabar, menanyakan bagaimana fasilitas yang dipakai seperti tempat latihan, penginapan hingga makanan dan yang jelas Pak Ketum sayang sekali kepada kita semua," tutur Witan.

Sudah hampir dua pekan Timnas Senior melakukan TC di Bali. Tempaan fisik yang dilakukan oleh pelatih Shin Tae-yong tak membuat semangat para pemain kendor, seperti yang diungkapkan mantan pemain Sabah FC Saddil Ramdani.

"Secara keseluruhan pemain mengalami peningkatan latihan fisik yang sangat bagus sejak melakukan TC di sini, bahkan dengan adanya support langsung dari Ketua Umum PSSI disini, menambah motivasi kami untuk berjuang di pertandingan nanti," tutur Saddil yang berposisi sebagai gelandang serang itu.

Dirinya pun menilai jika sentuhan Iwan Bule terhadap Timnas sangat luar biasa. "Kita sebagai pemain merasa terpenuhi dari apa yang kita butuhkan selama menjalani TC ini, baik dari hotel, kemudian dari asupan makanan yang kami minta dipenuhi, permintaan perlengkapan semua pemain di dengar pa Iwan Bule dan difasilitasi semua," ucapnya.

"Makanya saat kita mengetahui adanya Ketua PSSI di sini, kami merasa tenang, aman dan tentram," pungkasnya.

Di laga pertama babak penyisihan Grup A Piala AFF 2022, Indonesia akan menjamu Kamboja di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada 23 Desember mendatang. Timnas Indonesia pun akan terbang ke Malaysia untuk menjalani laga away menghadapi Brunei Darussalam pada 26 Desember di Stadion KLFA Kuala Lumpur.

Anak asuh Shin Tae-yong itu akan berjumpa dengan Thailand di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada 23 Desember pada laga ketiganya dan kemudian terbang ke Stadion Rizal Memorial, Filipina pada 2 Januari 2023 menghadapi tuan rumah dilaga terakhir babak penyisihan Grup A.

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jadwal Indonesia Masters 2023 Memasuki Hari Ketiga

Kamis, 26 Januari 2023 | 13:50 WIB

Sam Allardyce Ungkap Bobroknya Performa Everton

Kamis, 26 Januari 2023 | 08:25 WIB

Danau Toba Siap Sukseskan F1 Powerboat 2023

Rabu, 25 Januari 2023 | 19:13 WIB
X