Luis Enrique Dipecat Dua Hari Setelah Mendarat di Spanyol, Ini Penggantinya!

- Kamis, 8 Desember 2022 | 21:37 WIB
Luis Enrique dipecat hanya dua hari setelah ia mendarat di Spanyol dan gagal membawa timnya melaju setelah dikalahkan Maroko di babak 16 besar Piala Dunia 2022. Foto: YouTube - Sky Sports News
Luis Enrique dipecat hanya dua hari setelah ia mendarat di Spanyol dan gagal membawa timnya melaju setelah dikalahkan Maroko di babak 16 besar Piala Dunia 2022. Foto: YouTube - Sky Sports News
 
HARIANTERBIT.com - Luis Enrique resmi dipecat setelah Timnas Spanyol, disingkirkan Maroko di babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Kelanjutan karir mantan pelatih Barcelona itu di Timnas Spanyol memang sempat dipertanyakan. 
 
Enrique juga berencana hengkang setelah timnya gagal dalam adu penalti kontra Maroko, meskipun kemudian dia diberitakan ingin bertahan.
 

Namun, dua hari setelah Luis Enrique dan skuadnya mendarat di Madrid, menyusul kegagalan mereka di Qatar, pelatih itupun didepak Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF).
 
Proyek Baru Sepak Bola Spanyol Segera Dimulai

"Manajemen olahraga dari RFEF telah sampaikan laporan kepada presiden yang memutuskan proyek baru tim sepak bola Spanyol harus segera dimulai," demikian pernyataan resmi RFEF terkait pencopotan Luis Enrique.

"Tujuannya, melanjutkan perkembangan yang sudah dicapai beberapa tahun terakhir ini, berkat kerja keras yang sudah dilakukan Luis Enrique dan stafnya," lanjut pernyataan tersebut.
 
Baca Juga: Wushu Indonesia Lampaui Target Namun Berpeluang Tambah Tiga Emas di Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022

Baik Presiden RFEF, Luis Rubiales, dan direktur olahraga, Jose Francisco Molina, telah sampaikan keputusan ini kepada pelatih Luis Enrique.

Luis Enrique Lakukan Perubahan Generasi
 
Pelatih asal Asturia itu telah memberi dorongan baru kepada tim nasional, sejak ia datang di tahun 2018 lewat sebuah renovasi besar-besaran yang mengkonsolidasikan perubahan generasi di dalam tim maupun sepak bola Spanyol.

Perubahan generasi itu, lanjut keterangan RFEF, di antaranya dilakukan dengan pensiunnya sisa pemain di skuad yang pernah mendominasi sepak bola Eropa dan juga dunia - mulai dari tahun 2008 hingga 2012. Namun hal ini ternyata belum cukup untuk menyelamatkan Enrique.
 
 
Timnas Spanyol tersingkir di tiga turnamen terakhir mereka dengan cara adu penalti.

Pertama, Spanyol kalah dari Rusia pada tahun 2018. Lalu, mereka kalah lagi di semifinal Euro 2020, di mana Spanyol dikritik habis-habisan sebagai sebuah tim yang mampu menguasai bola, tapi tak bisa unggul.

Ini Dia Pengganti Luis Enrique
 
Sebagai ganti Luis Enrique di Timnas Spanyol saat ini, adalah pelatih tim U-21 Luis de la Fuente - yang bertanggung jawab atas pengembangan tim dan pemain muda sejak tahun 2013. De La Fuente juga pernah membawa tim muda Spanyol meraih gelar juara di Euro U-19 dan U-21 di periode tersebut.

RFEF sebelumnya juga mempertimbangkan mantan pelatih Athletic Bilbao, Marcelino Garcia Toral, namun akhirnya dianggap tidak mungkin karena gaya permainannya sangat berbeda dengan gaya permainan Enrique.

Enrique pertama kali memimpin Spanyol pada tahun 2018, setelah Fernando Hierro melatih La Roja di Piala Dunia usai dipecatnya Julen Lopetegui.

Enrique kemudian mengundurkan diri selama empat bulan di tahun berikutnya, setelah kematian tragis putrinya yang masih berusia sembilan tahun, Xana.
 
Catatan Prestasi Luis Enrique

Luis Enrique kembali membidani Spanyol di Euro 2020, di mana mereka juga tidak beruntung karena kalah dari Italia di semifinal - juga melalui drama adu penalti.

Selama kepemimpinannya, Enrique berhasil membawa Spanyol ke final UEFA Nations League tahun 2021, tapi kalah 2-1 dari Perancis.

Enrique sudah memandu 45 pertandingan sebagai pelatih nasional, dengan catatan menang 25 kali, 11 kali imbang dan sembilan kali kalah. ***

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jadwal Indonesia Masters 2023 Memasuki Hari Ketiga

Kamis, 26 Januari 2023 | 13:50 WIB

Sam Allardyce Ungkap Bobroknya Performa Everton

Kamis, 26 Januari 2023 | 08:25 WIB

Danau Toba Siap Sukseskan F1 Powerboat 2023

Rabu, 25 Januari 2023 | 19:13 WIB

Everton Dekati Bielsa usai Pecat Lampard

Rabu, 25 Januari 2023 | 08:45 WIB

Milan Dicukur Lazio, Ada Apa Rossoneri?

Rabu, 25 Januari 2023 | 07:34 WIB
X